Kemanakah File yang Sudah Dihapus di Android dan Cara Mengembalikannya!

Pengguna Android sering mendapati beberapa file yang secara tidak sengaja terhapus di manajer berkas. Tentu saja pertanyaan yang terlintas adalah kemanakah file yang sudah dihapus di Android tersimpan? Namun, pengguna tidak perlu khawatir karena masih terdapat kemungkinan untuk mengembalikan file tersebut.

Kemana File yang Terhapus Akan Tersimpan?

Kadang, pengguna sudah terlampau panik apabila mengetahui secara tidak sengaja file atau berkas penting hilang dari perangkat secara tiba-tiba. Terlebih apabila pengguna tidak sempat mencadangkan file tersebut pada pencadangan storage baik seperti Google Drive maupun disk eksternal seperti flashdisk dan komputer.

File yang terhapus dalam perangkat akan tersimpan pada memori internal, tetapi telah berubah menjadi kepingan data atau byte. Apabila pengguna menyambungkan Android pada Google Photos, file seperti foto dan video akan secara otomatis dicadangkan di akun Google yang bersangkutan.

Penyimpanan data tidak sepenuhnya menghilangkan suatu file yang terhapus dalam sistem operasi maupun kartu memori eksternal. Sebenarnya, file tersebut hanya tersembunyi secara sementara dan tidak dapat diakses secara kasat mata. Apa yang secara tidak sengaja terhapus adalah jalan pintas menuju data sebenarnya.

Oleh karena itu, kepingan data akan tersimpan hingga perlahan hilang apabila semakin banyak menumpuk dalam sistem penyimpanan. Byte tersebut akan benar-benar terhapus apabila ruang sudah tidak cukup untuk menampung file terhapus. Ini juga cukup memakan waktu lama tergantung pada penghapusan data pengguna.

Cara Mengembalikan File Terhapus Melalui Aplikasi

Seperti ulasan tentang kemanakah file yang sudah dihapus di Android, masih terdapat kemungkinan untuk pengguna agar dapat merestorasi file yang terhapus. Salah satunya adalah memanfaatkan aplikasi pihak ketiga.

Fungsi aplikasi pihak ketiga yaitu mampu memindai file dan mengembalikannya pada manajer berkas. Berikut cara mengembalikan file melalui aplikasi, yaitu:

1. Menggunakan Aplikasi Dumpster

Aplikasi ini tidak jauh berbeda dengan aplikasi Recycle Bin yang terdapat pada Laptop/PC pengguna. Dumpster bekerja dengan menyimpan berkas yang terhapus pada Android. Uniknya, Dumpster juga dapat dioperasikan secara offline sehingga pengguna dapat tenang apabila tidak sering menggunakan jaringan Wi-Fi.

2. Memakai Aplikasi DigDeep Image Recovery

Setelah meng-install aplikasi, pengguna langsung dapat melakukan pemindaian pada folder di Android. Nantinya, file byte berupa foto yang telah terhapus dapat dikembalikan ke galeri pengguna. Pengguna juga dapat menyeleksi foto mana yang akan dipulihkan.

3. Memanfaatkan Aplikasi Disk Digger

Disk Digger memungkinkan pengguna untuk kembali menemukan file foto yang telah terhapus. Pemakaiannya pun mudah karena secara otomatis, aplikasi akan memindai dan melacak file foto yang telah menjadi kepingan data. Untuk mengembalikan video, pengguna perlu melakukan rooting Android terlebih dahulu.

4. Memakai Aplikasi Undeleter Recover Files & Data

Dengan aplikasi ini, pengguna dapat memilih data seperti foto, lagu, hingga log panggilan pada HP. Segera setelah melakukan instalasi, pengguna akan diberi kesempatan untuk memulihkan berbagai data baik di memori perangkat maupun memori tambahan.

5. Menggunakan 4EXT Recovery

Jajaran aplikasi di atas kurang lengkap apabila tidak menyertakan aplikasi ini. 4EXT memiliki kapasitas untuk merestorasi file terhapus di perangkat Android pengguna dengan menu “Recovery”. Akan tetapi, pengguna perlu merogoh kocek karena aplikasi ini menggunakan layanan berbayar.

Itulah jawaban mengenai kemanakah file yang sudah dihapus di Android dan cara memulihkannya. Sejatinya, file yang dapat dikembalikan adalah file yang masih tersisa sebagai kepingan data di dalam sistem. Jika kepingan data sudah hilang di dalam sistem, file tidak dapat dipulihkan kembali.