Rekomendasi Aplikasi Anti Sadap HP Android

Last Updated on Agustus 14, 2023 by TeknoFusion

Aplikasi Anti Sadap HP sangat diperlukan di era zaman digital sekarang ini. Mengingat semua modernisasi memerlukan kegiatan hingga transaksi digitalisasi tidak terkecuali layanan keuangan. Maka keamanan data dan privasi adalah sesuatu yang sangat penting untuk dijaga agar terhindar dari kejahatan yang memanfaatkan data pribadi kita.

Kejahatan bukan hanya soal fisik semata. Namun, di era digital kejahatan bisa berupa pencurian data yang merugikan, salah satunya untuk kejahatan keuangan dimana transaksi keuangan menggunakan nama orang lain. Untuk mencegahnya dapat menggunakan Aplikasi Anti Sadap HP Android. Dibawah ini Aplikasi Anti Sadap yang bagus untuk diinstal di HP kamu:

1. Aplikasi Setting Bawaan HP

Setiap pabrikan handphone biasanya telah menyediakan cara tersendiri untuk keamanan data para konsumennya. Namun cara ini jarang diketahui karena biasanya harus dikerjakan secara manual dan konsisten waktu. Meskipun agak sulit, tapi masih memungkinkan untuk dikerjakan sendiri tanpa harus datang ke counter HP.

Pengaturan manual melalui system HP dapat dimanfaatkan untuk mencegah apabila ada aplikasi yang mencurigakan atau browsing yang berisi spam dengan cara dinon-aktifkan pemakaiannya atau harus menggunakan izin setiap pengaksesannya. Dibawah ini adalah langkah – langkah menonaktifkan:

  • Masuk ke Setting / Pengaturan.
  • Pilih dan sorot “Manajemen Aplikasi”.
  • Pilih dan klik “Aplikasi”.
  • Temukan dan klik “Izin Aplikasi”.
  • Geser atau pilih off setiap izin yang diperlukan.

2. Kaspersky Antivirus Mobile

Aplikasi Anti Sadap HP berupa antivirus buatan Rusia ini di tahun 2021 telah meraih penghargaan dengan layanannya Total Security. Juga, ada Kaspersky mobile sendiri yang memiliki layanan gratis dan berbayar untuk sistem keamanannya.

Kaspersky dapat melacak aplikasi-aplikasi di handphone dengan aktifitas yang tidak kita inginkan: mengambil informasi lokasi kita melalui GPS, megumpulkan riwayat panggilan, mengambil daftar kontak, membaca SMS yang kita terima dan lain sebagainya.

Tentu saja sebagai antivirus, Aplikasi Kaspersky dapat melakukan scanning virus, menghapus cache otomatis, pengaturan keamanan password hingga pemberitahuan akun Google yang dicurigai disadap.

3. McAfee Antivirus Mobile

Aplikasi Anti Sadap HP selain Kaspersky yang lebih murah adalah McAfee Mobile Antivirus. Walaupun sama-sama antivirus, keunggulannya berupa paket antivirus lengkap, system operasi yang kompatibel dan banyak fitur di produk gratisnya. McAfee Antivirus versi entreprise banyak mendapat kepercayaan dari pengguna perbankan.

4. TrueCaller

TrueCaller sejatinya adalah aplikasi pembaca informasi panggilan dan SMS. Kelebihan dari TrueCaller adalah ketersediaannya memberitahukan SMS atau panggilan telepon yang bersifat spam, penipuan, phising dan dapat melakukan pemblokiran otomatis terhadap panggilan atau pesan yang bertanda merah.

Selain itu, TrueCaller dapat menginformasikan panggilan bersifat pribadi seperti nama hingga nomor yang disertakan yang biasanya untuk panggilan pribadi tidak terdapat nomor yang tertera. Mengingat kebocoran data bisa melalui phishing / link yang berisi virus, TrueCaller layak untuk diinstal di HP kamu.

5. AVG Antivirus & Security

Pemain lama dalam industri antivirus yaitu AVG yang memiliki pelanggannya tersendiri. Selain untuk PC, AVG juga memiliki perlindungan untuk HP Android. Kelebihannya yang membuat berbeda, AVG dapat menemukan ponsel yang hilang atau dicuri, managemen aplikasi yang sering digunakan, peringatan kebocoran sandi. Dan hebatnya, semua fasilitas itu tersedia gratis.

6. Privacy Scanner (AntiSpy)

Aplikasi Anti Sadap HP lainnya yang gratis salah satunya adalah Privacy Scanner (AntiSpy). Aplikasi ringan yang telah diunduh lebih dari 500K pengguna dengan perolehan hampir 5 bintang patut untuk diinstal di HP kamu. Walaupun gratis, aplikasi ini mampu menghapus virus yang bersembunyi yang sulit ditemukan oleh anti virus lainnya. Jika menggunakan Provacy Scanner ini, lakukan scanning menyeluruh secara rutin agar HP kamu bebas virus.

7. Avast Antivirus

Sama seperti sebelumnya Kaspersky dan McAfee, Avast Antivirus sendiri juga salah satu antivirus pemain lama yang banyak gratisannya. Avast  Antivirus sendiri populer di Indonesia sebelum Kaspersky dan McAfee. Bahkan pengaturan didalamnya sudah menjadi ekstensi di Google.

Hal lainnya mencegah eksplorasi data melalui HP adalah membuat password setiap aplikasi yang terdapat foto diri, file penting dan layanan keuangan. Demikianlah beberapa Aplikasi Anti Sadap HP yang bagus untuk kamu gunakan di HP Androidmu.