Efek Samping Upgrade RAM Laptop untuk Referensi

Banyak orang yang memutuskan untuk menambah atau upgrade RAM laptop untuk menambah ruang  penyimpanan agar laptop meningkat performanya. Sebelumnya, perlu diketahui kalau ada beberapa efek samping upgrade RAM laptop yang perlu dipertimbangkan pengguna.

Beberapa pengguna laptop biasanya menambah RAM perangkat sebesar 4 hingga 8 GB. Ada beberapa perubahan yang akan terjadi setelah pengguna mengupgrade laptopnya. Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa efek samping atau akibat jika RAM pada laptop di-upgrade untuk referensi pengguna:

1. Berpeluang Merusak Beberapa Hardware

Ada beberapa perangkat yang memang tidak cocok dilakukan upgrade RAM. Hal tersebut bisa menimbulkan beberapa efek samping pada hardware perangkat. Banyak pengguna yang upgrade RAM namun mempunyai komponen yang berbeda dengan aslinya. Pengguna harus memperhatikan betul hal tersebut.

2. Error pada Perangkat

Ketika RAM berhasil ditambahkan ke perangkat, biasanya akan terjadi efek samping baik itu langsung atau berkala. Biasanya terjadi error karena ada perubahan pada letak dan fungsi perangkat. Contoh error yang sering ditemui pengguna yakni ada beberapa fitur yang menjadi tidak berfungsi.

Efek samping tersebut ada yang bersifat sementara yakni saat awal upgrade RAM. Ada juga yang bersifat terus-menerus atau permanen. Setiap perangkat memiliki perbedaan error yang bervariasi. Hal tersebut tergantung dengan bagaimana kondisi komponen yang ada di perangkat laptop.

3. Dapat Merusak RAM Jika Tidak Sesuai

Efek samping upgrade RAM laptop selanjutnya yakni bisa merusak RAM itu sendiri. Perlu diketahui, RAM memiliki jenis yang berbeda-beda. Ketika RAM tidak sesuai dengan komponen yang ada di perangkat, maka bisa berakibat rusaknya RAM tersebut.

Ketika menambahkan RAM di laptop, secara bertahap akan merusak RAM yang aslinya. Bahkan jika kurang beruntung juga bisa merusak RAM yang ditambahkan. Komputer sendiri telah diatur dengan komponen serta performa yang sudah disesuaikan dengan kapasitas.

4. Performa Laptop yang Tidak Stabil

Efek samping selanjutnya yakni memungkinkan performa laptop tidak stabil. Performa laptop biasanya tidak akan sama seperti sebelum ditambahkan RAM. Memang, awal setelah ditambah RAM performa akan terlihat baik-baik saja. Namun, secara berkala laptop atau komputer tidak stabil.

Ketidakstabilan tersebut bisa dilihat saat pengguna akan mematikan laptop yang mana laptop tersebut akan sulit mati dan tidak stabil lagi. Ketika hal tersebut sudah terjadi sebaiknya segera diperiksa ke orang yang lebih paham mengenai komputer dan perangkatnya.

5. Biaya yang Cukup Mahal

Sebelum memutuskan untuk upgrade RAM, pengguna sebaiknya memperhatikan dan mempertimbangkan dana terlebih dahulu. Ketahui secara pasti kapasitas serta merk RAM yang akan di-upgrade. Pastikan memiliki komponen yang sama dengan RAM asli.

Untuk mengganti atau upgrade RAM biasanya memerlukan biaya yang lumayan banyak. Semakin besar kapasitas RAM yang akan di-upgrade biasanya biayanya juga akan semakin mahal.  Apalagi jika pengguna mengupgrade RAM dengan merk yang terkenal dan bagus.

Ketika memiliki waktu yang cukup lama, sebaiknya pengguna menabung dan membeli laptop baru dengan spek tinggi. Membeli laptop baru akan lebih baik daripada menambah kapasitas RAM. Dimana ketika menambah RAM akan memiliki efek samping pada perangkat maupun pada RAM itu sendiri.

Itulah 5 efek samping upgrade RAM laptop yang bisa dijadikan referensi bagi pengguna. Sebelum memutuskan untuk upgrade RAM, pengguna harus benar-benar paham mengenai efek sampingnya. Selain itu, pengguna juga harus mengetahui spesifikasi RAM dan laptop yang dipakai agar keduanya bisa cocok.

Artikel Terkait