Kenapa Aplikasi Pedulilindungi Tidak Bisa Dibuka Simak Alasannya

Last Updated on Agustus 13, 2023 by TeknoFusion

Saat ini, hampir semua masyarakat memiliki aplikasi pedulilindungi bukan? Namun adakalanya aplikasi tersebut mengalami beberapa permasalahan. Salah satunya yakni aplikasi yang tidak bisa dibuka. Lantas kenapa aplikasi pedulilindungi tidak bisa dibuka?

Beberapa tempat mengharuskan pengguna untuk melakukan scan barcode Pedulilindungi sebelum memasuki suatu kawasan tersebut. Akan tetapi, kerap kali aplikasi tidak dapat dibuka. Untuk itu, berikut beberapa penyebab hal tersebut terjadi yang bisa diketahui dan diatasi dengan tepat, diantaranya:

1. Jaringan Internet yang Tidak Bagus

Salah satu alasan kenapa aplikasi pedulilindungi tidak bisa dibuka bisa jadi disebabkan oleh jaringan internet yang digunakan tidak bagus. Ketika mengakses Pedulilindungi, tentu membutuhkan sambungan internet yang lancar agar aplikasi dapat berjalan.

Pengguna perlu memastikan internet yang digunakan tersebut stabil. Pastikan perangkat memiliki paket data yang cukup. Pengguna bisa untuk aktifkan mode airplane sebentar, lalu hidupkan kembali paket data untuk merefresh jaringan data seluler.

2. Aplikasi Pedulilindungi Masih Versi yang Lama

Jika bukan jaringan internetnya yang bermasalah, pengguna dapat mengecek versi aplikasi pedulilindungi yang digunakan tersebut. Bisa jadi, aplikasi telah menyediakan versi terbarunya, sehingga pengguna perlu memperbarui ke versi tersebut. Ini bisa menjadi alasan kenapa aplikasi pedulilindungi tidak bisa dibuka di perangkat.

Aplikasi, tentu selalu memperbarui ke versi terbarunya. Terkadang sistemnya mengalami pembaruan dari versi yang lama atau terdapat penambahan fitur baru dalam aplikasi. Maka dari itu, pengguna diharuskan untuk memperbaikinya agar bisa menggunakan aplikasi tanpa hambatan berarti.

3. Banyaknya Aplikasi yang sedang Berjalan di Perangkat

Penyebab lain kenapa aplikasi pedulilindungi tidak bisa dibuka bisa jadi dikarenakan banyaknya aplikasi yang berjalan di background perangkat pengguna. Penggunaan aplikasi yang banyak dan digunakan secara bersamaan, tentu akan menghambat kinerja dari aplikasi yang akan digunakan.

Maka dari itu, jika memang aplikasi sebelum-sebelumnya sudah tidak digunakan lagi, pengguna bisa menutup serta menghapusnya di layar belakang. Kemudian bukalah aplikasi yang akan digunakan tersebut. Ini merupakan salah satu cara untuk mengatasi permasalahan tersebut.

4. Memori HP yang Telah Penuh

Pengguna perlu memastikan bahwa memori HP atau perangkat yang digunakan tidak penuh dan masih menyisakan ruang. Sebab, jika memori HP dalam keadaan penuh dan tidak terdapat ruang kosong, pengguna tidak dapat untuk membuka aplikasi di perangkat tersebut.

Maka dari itu, jangan sampai memori HP sampai penuh. Jika sudah terisi penuh, mau tidak mau pengguna perlu menghapus beberapa aplikasi atau data di memori tersebut agar menyisakan ruang. Bisa juga dengan menghapus file cache yang tidak terpakai.

5. Aplikasi Pedulilindungi sedang Bermasalah

Selain penyebab keempat di atas, penyebab lainnya mungkin saja aplikasi Pedulilindungi sedang mengalami permasalahan. Hal ini wajar, dan kadang terjadi pada software mana pun. Jika demikian, biasanya seluruh pengguna tidak dapat mengakses aplikasi tersebut. Dengan kata lain, aplikasi mengalami down.

Jika alasan tidak bisa membuka disebabkan oleh karena hal tersebut, maka tidak ada solusi yang dapat dilakukan oleh pengguna. Harap tunggu selagi pihak Pedulilindungi melakukan maintenance terhadap sistem aplikasinya. Jika sudah kembali normal, pengguna dapat membukanya seperti sedia kala.

Itulah beberapa penyebab kenapa aplikasi pedulilindungi tidak bisa dibuka di perangkat pengguna. Bisa jadi salah satu diantaranya pengguna mengalami hal demikian. Periksalah satu persatu, jika sudah menemukan penyebabnya atasi dengan solusi yang diberikan.