Aplikasi Cek Barang Original Untuk Melihat Keaslian Produk

Adanya sebuah aplikasi cek barang original ini dipergunakan untuk melihat keaslian produk. Karena pemalsuan sebuah produk ternama saat ini tengah marak beredar di pasar online bahkan offline, sehingga perlu untuk mengeceknya. Jika membelinya di toko resmi maka tidak usah khawatir.

Seperti yang disebutkan bahwa maraknya pemalsuan sebuah barang, maka membuat banyak konsumen khawatir tentang keaslian produk. Sehingga munculnya sebuah aplikasi untuk memeriksa keaslian produk akan mengurangi kekhawatiran konsumen. Agar mengetahui lebih lanjut mengenai aplikasi pengecek barang, simak pembahasan berikut ini!

1. QR and Barcode Scanner

Aplikasi pertama yang dapat difungsikan sebagai pengecek original suatu barang melalui scan QR atau barcode adalah QR and Barcode Scanner. Hanya cukup dengan satu aplikasi ini, pengguna bisa melihat informasi mengenai produk yang baru saja di scan QR atau barcode nya.

Pengguna cukup membuka aplikasi tersebut kemudian arahkan pada QR code atau barcode yang tertera pada sebuah produk. Kemudian nantinya informasi barang otomatis akan ditampilkan pada aplikasi tersebut. selain untuk scan, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk membuat QR dan barcode.

2. Hidden Tag

Aplikasi berikut ini akan sangat berbeda dengan QR and Barcode Scanner. Karena aplikasi ini hanya bisa digunakan untuk hidden tag saja sesuai dengan nama aplikasi ini. Pengaplikasian dari Hidden Tag ini sangatlah gampang dan hasil informasi mengenai barang cepat diketahui.

Sebelum membeli sebuah barang di store offline, aplikasi ini akan cocok untuk digunakan karena hasilnya yang sangat cepat. Apabila hasil scan didapati bahwa barang tersebut palsu, nantinya bisa dilaporkan langsung melalui aplikasi tersebut. Namun sayang, format lain tidak bisa dideteksi.

3. BPOM Mobile

Tidak banyak yang mengetahui bahwa BPOM memiliki sebuah aplikasi pengecekan produk obat, makanan hingga kosmetik. Dengan BPOM Mobile ini konsumen yang hendak mengecek keaslian produk dapat mencantumkan nomor izin BPOM pada kemasan sebelum membeli produk. Karena akan berbahaya jika palsu.

Sama halnya dengan Hidden Tag, pada BPOM Mobile ini konsumen bisa melaporkan apabila yang diperiksa adalah produk palsu. Konsumen perlu mengakses lokasi saat menggunakan aplikasi ini, serta memberi sejumlah izin untuk penggunaan memori. BPOM Mobile membantu konsumen terhindar dari bahaya.

4. Authentic Guard

Berikutnya aplikasi cek barang original ini memiliki fitur yang unik dan berbeda dari aplikasi yang dibahas sebelumnya. Tidak seperti aplikasi scan yang umumnya mengecek barcode atau QR. Aplikasi tersebut adalah Authentic Guard, yang mana hologram pada produk lah yang akan discan.

Adapun konsumen bisa menggunakannya pada berbagai jenis barang, karena jangkauan produk dari aplikasi ini sangat luas. Fitur yang disediakan pun beragam, seperti menyediakan informasi produk baru bahkan informasi mengenai diskon serta promo pada produk brand ternama. Inilah yang menjadikannya berbeda.

5. AiScan

Terakhir, aplikasi yang berfungsi untuk mengecek barang asli atau tidak, yakni AiScan. Akses yang sangat aman serta proses pada pengecekkan pun sangat cepat, hal ini yang membuatnya lebih unggul. Bahkan aplikasi ini bisa digunakan pada saat berbelanja secara langsung.

AiScan ini memiliki fitur yang unggul, yang dapat memungkinkan terhubungnya urusan bisnis karena terdapat kontak dan pemindaian bisnis. Sehingga tidak hanya untuk scanning, AiScan dapat digunakan untuk berkomunikasi. Namun sangat disayangkan karena ada beberapa fitur yang mengharuskan konsumen untuk berlangganan.

Begitulah pembahasan mengenai 5 aplikasi cek barang original yang bisa digunakan para konsumen untuk memeriksa keaslian suatu barang. Pada tiap aplikasi tersebut memiliki keunggulan masing-masing. Maka pilihlah sesuai dengan apa yang dikehendaki.

 

Artikel Terkait