Enam Deret Aplikasi Pelacak HP Hilang untuk Proteksi

Last Updated on Agustus 14, 2023 by TeknoFusion

Tak ada salahnya menggunakan aplikasi pelacak HP hilang di perangkat pengguna. Aplikasi ini berguna sekali untuk menjaga keamanan HP, sebab dapat melacak keberadaannya dan memudahkan pengguna ketika HP tersebut hilang.

Tidak adanya pengguna mengantisipasi melalui aplikasi tersebut. Cara penggunaan dan pelacakannya cukup mudah. Penasaran apa saja aplikasinya? Simak beberapa rekomendasi di bawah ini:

1. Google Find My Device

Salah satu rekomendasi aplikasi pelacak HP hilang yang bisa digunakan yakni melalui Google Find My Device. Aplikasi ini bisa membantu pengguna untuk mencari keberadaan HP ketika hilang. Pengguna hanya perlu memasang dan menyambungkan perangkat dengan maps nya.

Hadirnya fitur locate your phone, membuat pengguna mengetahui keberadaan HP tersebut. Pengguna hanya perlu mengikuti arahan dari Google Find My Device. Selain itu, terdapat fitur play a sound yang akan memberikan petunjuk melalui suara ketika pengguna sudah berada dekat dengan ponselnya.

2. Life360

Pengguna juga bisa memanfaatkan Life30 sebagai aplikasi pelacak HP hilang dan mencari tahu keberadaannya. Aplikasi Life30 mampu membantu pengguna melacak keberadaan HP melalui fitur GPS yang tersambung di aplikasi dan HP tersebut.

Menariknya, aplikasi yang mendapatkan sebutan all in one tracking, memiliki fitur group tracking. Sehingga, pengguna dapat membuat grup yang berisikan keluarga atau teman terdekat. Di grup tersebut, pengguna dapat melacak dengan fitur private map.

3. Family Locator

Berikutnya, pengguna dapat memanfaatkan Family Locator untuk melacak HP. selain itu, sesuai dengan nama aplikasinya, pengguna juga dapat melacak keberadaan keluarga atau orang terdekat. Akan tetapi, orang yang ingin dilacak keberadaanya juga perlu memasang aplikasi tersebut di HP-nya.

Aplikasi Family Locator tidak hanya memberikan lokasi secara real time saja, tetapi juga mencantumkan riwayat lokasi yang disinggahi selama tujuh hari ke belakang. Jika merasa HP hilang dan lupa menaruh keberadaannya, pengguna dapat mengeceknya melalui HP keluarga guna mengetahui keberadaan HP-nya.

4. Find My Device

Aplikasi lainnya yang tak kalah dengan yang lainnya yaitu Find My Device. Ini juga termasuk banyak yang digunakan oleh pengguna lainnya untuk melacak lokasi HP yang hilang. Pengguna juga bisa mengunci HP dari jarak jauh dan mencegah terjadinya hal buruk.

Maka dari itu, ketika HP hilang, cukup menyalakan Find My Device pada browser dan aplikasi melakukan pencarian lokasi HP pengguna berada. Namun perlu diingat, aplikasi dapat bekerja asalkan HP tersebut tersambung dengan jaringan internet yang aktif.

5. Where’s My Droid

Aplikasi sejenis yang dapat menjadi alternatif yaitu Where’s My Droid. Pengguna dapat melacak keberadaan HP yang hilang, sebab aplikasi ini dilengkapi dengan fitur yang mumpuni. Pelacakan HP dilakukan dengan fitur GPS yang telah tersambung di HP dan aplikasi.

Fitur GPS tersebut akan memberikan notifikasi jika HP pengguna hilang dalam keadaan daya yang lemah. Selain itu, aplikasi ini akan memberitahukan pengguna jika HP telah diganti SIM Card-nya oleh orang lain.

6. Lost Phone Tracker

Terakhir, Lost Phone Tracker dapat menjadi aplikasi yang digunakan untuk melacak keberadaan HP. Aplikasi ini juga bisa memberikan informasi keberadaan lokasi HP ke pengguna lainnya. Cara kerja dari Lost Phone Tracker hampir mirip dengan aplikasi Find My Device.

Pengguna dapat melacaknya, sebab aplikasi akan memberikan pemberitahuan ke perangkat yang hilang. Menariknya, pengguna juga dapat mengontrol serta melakukan penguncian dan factory reset dari jarak jauh melalui Lost Phone Tracker. Tentunya akan semakin aman menggunakan aplikasi ini.

Itulah 6 aplikasi pelacak HP hilang yang berguna untuk menghindari hal buruk yang tidak diinginkan. Pengguna dapat memilih satu diantara 6 aplikasi yang telah disebutkan diatas.