Lima Rekomendasi Aplikasi Peringkas Teks Paling Jitu

Last Updated on Agustus 14, 2023 by TeknoFusion

Dengan melihat situasi dan kondisi yang memilukan karena covid rasanya menimbulkan dampak positif maupun dampak negatif. Para peserta didik harus belajar secara daring. Nah, kehadiran aplikasi peringkas teks akhirnya juga mulai dikenal di dunia pendidikan.

Tidak dapat dipungkiri penggunaan teknologi menjadi alat utama bagi pendidikan saat ini. Kebiasaan mencatat pelajaran di sekolah sudah mulai tergeser karena semua hal bisa dengan mudah ditemukan di Google. Diharapkan adanya aplikasi untuk meringkas teks dapat memudahkan bagi anak didik.

1. Segera Kunjungi Ringkaz

Aplikasi yang pertama yang sangat membantu peserta didik khususnya pada jenjang SMA untuk mencatat pelajaran adalah aplikasi Ringkaz. Aplikasi Ringkaz merupakan aplikasi peringkas teks yang dapat digunakan secara praktis. Berbagai pelajaran dapat dicatat setiap poin pentingnya hanya dengan satu aplikasi yang keren ini.

Untuk para siswa yang terbiasa rapi dalam membuat catatan, tidak perlu khawatir karena aplikasi ini sangat cocok digunakan. Tidak hanya mengambil poin penting dalam setiap teks tetapi aplikasi ini mampu menampilkan tampilan yang indah dan tentu sangat memudahkan para penggunanya saat membaca hasil ringkasan teks.

2. Gunakan Text Summary

Selanjutnya aplikasi kedua untuk menemukan poin-poin penting dalam setiap teks yang panjang adalah Text Summary. Aplikasi ini dapat digunakan untuk para pengguna hp android. Aplikasi Text Summary merupakan aplikasi peringkas teks yang praktis di era digital ini.

Bagi para mahasiswa yang terkadang tidak sempat mencatat materi yang disampaikan dosen, aplikasi Text Summary menjadi solusi terbaik. Pengguna dapat melakukan copy paste pada teks yang ingin diringkas lalu hasilnya akan langsung muncul dengan 2 tampilan. Format yang dihasilkan pun terlihat profesional yakni TXT dan PDF.

3. Beralihlah ke SUMMY

Jika menginginkan salinan teks dengan beberapa bahasa, aplikasi Summy hadir untuk membantu permasalahan tersebut. Banyak sekali kelebihan yang ditawarkan oleh aplikasi Summy seperti halnya aplikasi sejenis untuk merangkum teks.

Namun, kelemahan dari aplikasi ini adalah aplikasi Summy tidak tersedia di Google Play Store. Fitur yang dimiliki pun hanya sedikit dan tak sebanyak fitur yang ditawarkan oleh aplikasi sejenis lainnya.

4. Indonesian Summarizer

Aplikasi peringkas materi pelajaran yang keempat adalah Indonesian Summarizer. Sesuai nama aplikasi yang digunakan, aplikasi ini tepat digunakan untuk pembelajaran yang memakai teks bahasa Indonesia yang panjang.

Aplikasi ini dapat mudah ditemukan di Google Play Store dan mempunyai ukuran yang ringan. Kelemahan dalam setiap aplikasi tentu selalu ada. Nah, untuk para pengguna bijaklah jika menemui kendala misalnya, adanya banyak tampilan iklan yang mengganggu.

5. Summarizer dan Paraphraser

Selanjutnya aplikasi yang terakhir yang dapat membantu menentukan ringkasan yang baik adalah Summarizer dan Paraphraser. Untuk pengguna yang berlangganan artikel bulanan dan tidak sempat membaca secara runtut, aplikasi ini menjadi solusinya.

Aplikasi Summarizer dan Paraphraser dapat merangkum teks dalam sebuah artikel. Poin penting yang disampaikan melalui artikel tersebut tentu tidak akan terlewat. Aplikasi Summarizer dan Paraphraser juga dapat ditemukan pada Google Play Store dengan ribuan pengguna dan ukuran sekitar 24 MB.

Bagaimana tertarik untuk mencoba? Saatnya beralih pada teknologi dan dapatkan layanan yang memuaskan dari setiap aplikasi peringkas teks yang tersedia. Era digitalisasi perlu didukung dari segala sisi. Dengan sisi kemajuan teknologi yang ada harus pula diimbangi dengan sumber daya yang juga tidak gagap teknologi.