Inilah Rekomendasi Jenis Aplikasi Mengetik Dengan Suara Untuk Mempermudah

Ketika dalam keadaan mendesak untuk mencatat perkataan seseorang, gunakanlah aplikasi mengetik dengan suara untuk mempermudah pencatatan perkataan tanpa perlu mengetik. Contohnya ketika sedang sedang melakukan wawancara mengingat setiap perkataan merupakan bahan materi penting.

Dengan kemajuan teknologi di zaman ini, banyak aplikasi muncul untuk mengubah suara menjadi sebuah teks. Menariknya, aplikasi-aplikasi ini bisa digunakan untuk mencatat perkataan ke dalam bahasa berbeda atau di translate menjadi bahasa yang bisa dipahami. Inilah daftar aplikasinya:

1. Google Keyboard

Aplikasi mengetik dengan suara yang pertama adalah Google Keyboard. Aplikasi ini dapat mengubah suara menjadi teks atau tulisan dengan mudah dan sederhana. Selain teks, aplikasi ini juga dapat mengetik dengan tepat dengan Emoji, GIF dan banyak lagi.

Dikenal juga sebagai Gboard, di dalam aplikasi ini, terdapat lebih dari 60 bahasa, selain bahasa Indonesia yang bisa menerjemahkan suatu suara menjadi teks. Sangat cocok digunakan saat rekaman, asalkan obrolan yang direkam memiliki pelafalan yang jelas.

2. Live Transcribe

Aplikasi Live Transcribe merupakan aplikasi yang bisa melakukan transkripsi secara langsung dan notifikasi suara & sehari-hari yang mudah diakses bagi penyandang tunarungu dan gangguan pendengaran. Aplikasi ini sudah dapat di unduh di Play Store dan App Store.

Live Transcribe dilengkapi dengan AI dalam mengubah audio kedalam tulisan secara real-time sehingga hasilnya bisa lebih akurat, dimana tulisan akan terlihat rapi dengan beberapa typo yang bisa diperbaiki sendiri. Aplikasi ini bersifat otomatis dan real-time dengan mengenali suara secara otomatis.

3. Speechnote

Selanjutnya  aplikasi bernama Speechnote yang mempunyai opsi bahasa Indonesia pada saat melakukan rekaman. Aplikasi ini mampu mengubah file rekaman maupun video ke dalam teks dengan didukung kecerdasan AI canggih dari Google sehingga nanti saat dioperasionalkan secara langsung alias real time.

Aplikasi ini dapat memungkinkan pengguna dalam mengedit tulisan. Selain itu, menariknya aplikasi ini digunakan tanpa jaringan internet.

4. Notulite

Aplikasi ini dapat mengubah suara ke dalam bentuk teks buatan lokal. Notulite dapat menjadi pilihan mudah yang bisa digunakan secara langsung, sehingga aplikasi ini juga tengah menerjemahkan suara ke dalam teks

5. Voice Search

Voice Search merupakan aplikasi mengetik dengan suara yang merupakan bawaan dari Google yang biasanya digunakan ketika mencari sesuatu melalui Google. Dengan aplikasi ini pengguna bisa mencari sesuatu tanpa perlu mengetik di kolom pencarian dan digunakan dalam pencatatan wawancara atau seminar.

Aplikasi ini dapat digunakan dengan cepat, mengubah suara menjadi ketika multi bahasa dengan pengenalan suara yang akurat dan dapat mengubah bahasa kapan saja. Aplikasi ini sangat berguna ketika mengunjungi suatu negara, pengguna bisa menuliskan otomatis ucapan penduduk.

6. Write By Voice

Mengubah ucapan menjadi tulisan, gunakanlah Write By Voice saat menulis pesan dan dilengkapi dengan pengeditan yang nyaman. Aplikasi ini dapat mempermudah melakukan pencatatan dari suara ke beberapa aplikasi seperti pesan SMS, messenger, catatn, surat serta aplikasi lain yang mendukung.

Aplikasi ini juga menggunakan layanan pengenalan suara Google untuk mengonversi suara menjadi teks, jadi perlu menginstall aplikasi yang sesuai agar berfungsi dengan baik. Banyak mendapatkan review positif, aplikasi ini berjalan dengan sangat baik dan mampu menangkap suara dengan jelas.

Itulah macam-macam aplikasi mengetik dengan suara yang bisa digunakan untuk mencatat percakapan dengan mudah dan cepat. Aplikasi ini akan membantu mengubah suara maupun video ke dalam bentuk teks. Selain itu, aplikasi-aplikasi ini bisa didownload pada Android, iPhone, dan iPad.

 

Artikel Terkait