Ini Cara Mengetahui Telegram Diblokir dengan Mudah

Last Updated on Mei 18, 2023 by TeknoFusion

Ketika sebuah akun di platform media sosial diblokir, pengguna akun mungkin tidak akan mengetahui apabila akun tersebut diblokir. Namun, khusus untuk platform berlogo biru satu ini, berikut cara mengetahui Telegram diblokir oleh akun pengguna lain.

Telegram merupakan salah satu platform yang juga banyak digunakan di saat ini karena lengkapnya fitur dibandingkan platform lain. Salah satu fiturnya adalah pemblokiran artinya akun yang terblokir tidak dapat melihat dan menghubungi satu sama lain.

Alasan Pemblokiran Telegram

Terdapat beberapa alasan mengapa seseorang memblokir akun Telegram orang lain, mungkin dirasa mengganggu atau menciptakan keresahan. Itulah mengapa Telegram menyediakan fitur blokir akun yang mana pengguna dapat memakai fitur tersebut dengan cara-cara seperti berikut ini.

  • Membuka aplikasi Telegram yang sudah diunduh dan pengguna sudah login.
  • Pilih dan tekan lama nama pengguna yang ingin diblokir.
  • Pilih opsi blokir pengguna atau “Block User” dan secara otomatis akun tersebut akan terblokir.

Catatan tambahan untuk pengguna yang sudah pernah memblokir seseorang di Telegram, maka kedua akun tersebut tidak dapat saling berinteraksi. Tidak dapat lagi saling menemukan akun, kecuali pemblokir membuka atau membatalkan opsi blokir dari akun tersebut.

Cara Mengetahui Akun Telegram Diblokir

Untuk mempraktikkan cara mengetahui Telegram diblokir adalah perlu mengetahui terlebih dahulu tanda-tanda bahwa seseorang memblokir akun. Berikut ini akan disebutkan beberapa tanda yang dapat diperhatikan untuk mengetahui ketika seseorang telah memblokir akun milik pengguna Telegram.

1. Tidak Ada Status

Ketika seseorang memblokir akun Telegram, maka pengguna platform tersebut tidak dapat melihat pembaruan status seseorang yang diblokir. Selain itu, akun pemblokir juga tidak dapat melihat apakah pengguna yang terblokir itu sedang online ataupun sedang offline.

Kesimpulan dari ini, ketika seseorang telah memblokir pengguna lain maka status yang akan muncul hanyalah keterangan terakhir. Kalimat seperti “Seen a long time ago” atau keterangan sejenis yang menyatakan bahwa pengguna sejak lama tidak aktif.

2. Foto Profil Tidak Terlihat Lagi

Akun yang telah memblokir dan diblokir sudah tidak dapat lagi saling melihat foto profil pengguna Telegram. Salah satu ciri pengguna diblokir seseorang adalah dari foto profil yang tidak lagi terlihat atau hanya bertuliskan inisial nama.

3. Tidak Lagi Dapat Menerima atau Mengirim Pesan

Pengguna yang memblokir atau telah diblokir tentunya tidak dapat saling berkirim pesan atau melakukan panggilan telepon. Tentunya hal ini pula dapat menjadi tanda bahwa kedua akun tidak dapat lagi saling berinteraksi dari segi mana pun.

Ketika mengirim pesan, hanya muncul tanda ceklis satu tanpa balasan atau respons sama sekali dari lawan berkirim pesan. Sementara untuk panggilan jika memunculkan notifikasi privasi, maka itu dapat menjadi salah satu ciri akun tersebut diblokir.

4. Tidak Ada Keterangan Penghapusan Akun

Salah satu kelebihan dari Telegram adalah bagi pengguna yang menghapus akun, Telegram akan memberi keterangan tersebut. Keterangan itu ditujukan kepada pengguna lain yang mengirim pesan bahwa seseorang yang sedang dihubungi sudah menghapus akun Telegram tersebut.

Untuk mengetahui apakah pengguna menghapus akun atau telah memblokir akun seseorang dapat dilihat dari respons komputer. Apabila mendapat keterangan “Akun Dihapus”maka akun telah dihapus, sebaliknya jika tidak maka dapat dipastikan akun telah diblokir oleh sistem.

Itulah beberapa penjelasan terkait fitur Telegram terkait pemblokiran beserta cara mengetahui Telegram diblokir dengan mudah. Pengguna dapat menggunakan Telegram untuk berkomunikasi, berbagi informasi dan media hiburan dengan teman, saudara, dan kerabat yang sedang berjarak jauh.