Sony Xperia 1 V: Spesifikasi, Fitur Dan Harga

Last Updated on Mei 20, 2023 by Wartiningsih

Sony Xperia 1 V (dibaca “Sony Xperia One Mark Five“) mencuri perhatian para penggemar teknologi ponsel saat diluncurkan 11 Mei 2023 lalu.

Xperia 1 V adalah smartphone flagship dari Sony dengan fitur paling menonjol adalah layar lebar OLED 4K HDR 6,5 inci. Dengan tingkat kecerahan hingga 800 nits, layar tersebut tentu akan sangat nyaman dilihat saat digunakan di luar ruangan. Layar ini juga tahan terhadap debu serta air, jadi kamu tidak perlu khawatir saat menggunakannya di luar. Dengan dukungan Dolby Atmos dan teknologi audio dan video Sony Bravia, Xperia 1 V menyuguhkan pengalaman visual dan audio yang luar biasa.

Dibekali prosesor Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2 membuat Xperia 1 V menjadi ponsel yang kuat dan responsif. Prosesor Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2 memastikan bahwa pengguna akan mendapatkan kinerja yang cepat dan responsif.

Kamera Xperia 1 V telah menggunakan sensor 52MP f/1.9 dari “Exmor T for mobile” yang baru, ini 1,7x lebih besar daripada versi sebelumnya, untuk mendapatkan foto yang lebih jelas dan tajam.

Dilengkapi dengan baterai kapasitas 5.000mAh yang menjamin daya tahan yang sangat baik, memungkinkan penggunaan sepanjang hari tanpa perlu khawatir low bat.

Spesifikasi Sony Xperia 1 V

Sony Xperia 1 V dibekali prosesor Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2 dipadukan dengan RAM 12 GB dan penyimpanan media 256 GB. Ada slot microSD eksternal untuk ekspansi penyimpanan media sampai 1TB (microSDXC).

Kinerjanya ditopang baterai 5.000 mAh dengan dukungan pengisian cepat (fast charging) 30 watt. Sony mengklaim baterainya dapat bertahan selama kurang lebih 20 jam untuk pemutaran video terus menerus, dan dapat diisi dari kondisi kosong hingga 50% hanya dalam waktu 30 menit.

Tersedia pengisian nirkabel tetapi tidak ada informasi dari Sony seberapa cepat pengisiannya.

Memanjakan penggemar audio visual, Xperia 1 V hadir dengan layar OLED 6.5 inci, 1644 x 3840px dengan 21:9 aspect ratio dan 120Hz refresh rate ditambah kemampuan merekam di resolusi HDR 4K 120 frame per detik. Layar OLED ini telah dilengkapi proteksi Corning Gorilla Glass Victus 2.

Jaringan yang dihadirkan adalah 2G, 3G, LTE, 4G dan 5G yang memungkinkan ponsel ini untuk mendukung berbagai jenis koneksi internet.

Ponsel pintar ini menjalankan sistem operasi terbaru Android 13.

Desain Dan Dimensi Bodi

Bodi Sony Xperia 1 V termasuk kompak dengan dimensi 165 x 71 x 8.3 mm dan bobot sebesar 187 gram, terlihat kokoh dan nyaman dipegang, dengan bagian depan memiliki bezel kecil dan dapat dioperasikan dengan satu tangan. Bodinya memenuhi standar IP68, sebuah standar ketahanan terhadap air hingga kedalaman 1.5 m selama 30 menit.

Sony Xperia 1 V memiliki kamera utama tersusun segaris yang terletak di pojok bagian atas.

Xperia 1 V memiliki dua varian warna, yaitu Hitam dan Hijau Khaki.

Kamera

Kamera adalah bagian yang paling menarik dari Sony Xperia 1 V, dan khususnya sensor utama, yang merupakan sensor 52MP f/1.9. Kamera ini menggunakan desain sensor “Exmor T for mobile” yang baru, dan memiliki sensor 1,7x lebih besar daripada kamera Xperia 1 IV sebelumnya, kombinasi yang memungkinkan pengambilan gambar dalam cahaya redup yang 2x lebih baik menurut Sony.

Kamera lainnya adalah kamera telefoto 12MP f/2.3. Kamera ini menawarkan zoom optik kontinu antara 3,5x dan 5,2x pembesaran optik.

Baik kamera utama maupun kamera telefoto memiliki stabilisasi gambar optik dengan fitur Optical SteadyShot™ dengan FlawlessEye™ yang dapat mengkompensasi getaran saat mengambil gambar.

Melengkapi kamera belakang ada kamera selfie ultra lebar 12MP f/2.2 yang bisa menghasilkan foto selfie yang sangat indah.

Jaringan

Ponsel ini mendukung jaringan 2G, 3G, LTE, 4G dan 5G, untuk mendapatkan pengalaman internet yang lancar dan cepat di berbagai lokasi. Tersedia teknologi NFC untuk berbagi data secara wireless. Tidak hanya itu, Sony Xperia 1 V juga sudah menggunakan teknologi Wi-Fi 6 untuk menikmati download dan upload data yang lebih cepat.

Sony Xperia 1 V juga mendukung teknologi Bluetooth 5.0 yang memungkinkan pengguna untuk terhubung dengan berbagai perangkat lainnya secara nirkabel. Ini juga memungkinkan pengguna untuk memindahkan data dari perangkat ke perangkat lainnya dengan mudah.

Sistem Operasi Dan Chipset

Berikutnya, kita akan membahas mengenai sistem operasi dan chipset yang digunakan pada Sony Xperia 1 V. Sony Xperia 1 V hadir dengan sistem operasi Android 13 terbaru. Sistem operasi telah ditingkatkan fitur-fitur keamanan yang bisa membantu menjaga privasi data.

Kemudian, untuk chipset, Sony Xperia 1 V menggunakan chipset buatan Qualcomm yaitu Snapdragon 8 Gen 2. Chipset ini memiliki tingkat kinerja yang luar biasa dan membuat Sony Xperia 1 V mampu menjalankan berbagai aplikasi dan game tanpa adanya gangguan. Chipset ini juga memiliki kemampuan untuk menangani berbagai tugas yang berat dengan efisien dan cepat.

Memori

Sony Xperia 1 V memiliki memori eksternal yang dapat diperluas hingga 1TB melalui microSD. Dengan begitu pengguna dapat menyimpan berbagai jenis berkas seperti foto, video, musik, dan lainnya dengan mudah. Xperia 1 V juga menawarkan penyimpanan internal yang luas, yaitu 128GB. Selain memori internal, ponsel ini juga memiliki RAM 6GB yang cukup memadai untuk bermain game dan menjalankan berbagai aplikasi.

Fitur Lainnya

Sony Xperia 1 V menawarkan fitur tambahan seperti pemindai sidik jari, NFC, GPS, dan port USB Type-C untuk pengisian.

Slot kartu hybrid-SIM ada di bawah bodi. Kelebihan desain slot kartu SIM ini, tidak memerlukan pin untuk membukanya, cukup dengan ujung kuku. Slot ini dapat menampung dua kartu nano-SIM, atau dapat menggunakan tempat kedua untuk kartu memori microSD.

Harga Sony Xperia 1 V

Sony Xperia 1 V hadir dengan harga yang berbeda di pasar global dan di Indonesia. Di situs resmi Sony, ponsel ini dibandrol $1,399.99. Diperkirakan harga Sony Xperia 1 V di Indonesia di kisaran 22 juta.

Penutup

Dengan desain modern namun ramping untuk kenyamanan dan kemudahan penggunaan, dan beragam fitur unggulan Xperia 1 V hadir sebagai ponsel cerdas yang menyuguhkan pengalaman multi-media yang luar biasa.

Sony Xperia 1 V mungkin menjadi telepon pintar yang paling ditunggu-tunggu. Dengan spesifikasinya yang mengesankan, fitur yang menarik, dan harga yang terjangkau, ini akan menjadi perangkat hebat bagi penggunanya.