Cara Cek Kuota Internet Kartu XL

Update Cara Cek Kuota Kartu XL 2022

Last Updated on Agustus 14, 2023 by TeknoFusion

Mengetahui sisa kuota internet merupakan salah satu faktor yang penting. Tahu cara mengetahui sisa kuota ini sangat diperlukan untuk membatasi pemakaian kamu dalam koneksi data internet agar hemat dan pemakaian terkendali.

Faktor penting lainnya supaya sisa kuota internet kamu terjaga dan tidak mendadak habis, yang menyebabkan kamu tidak dapat melakukan aktifitas lainnya yang membutuhkan koneksi internet.

Tidak hanya itu, mengetahui sisa kuota juga berguna untuk mengantisipasi kemungkinan pulsa kamu non-kuota otomatis tersedot setelah paket kuota internet XL Axiata kamu telah habis.

Speed Test XL di Handphone AndroidSeperti kita semua tahu, Paket Internet yang ditawarkan oleh Operator XL Axiata cukup terjangkau. Operator ini memberikan layanan jaringan yang stabil dengan kecepatan internet yang lebih dari cukup memenuhi kebutuhan pelanggannya. Kuota internet sangat penting bagi kita semua yang aktif di dunia maya, mengingat internet saat ini sudah menjadi kebutuhan penting yang sangat dibutuhkan oleh banyak orang.

Tak heran jika banyak operator seluler mengeluarkan kartu unggulan internetnya seperti paket Kuota Unlimited, Jaringan 4G LTE dan masih banyak lagi layanan unggulan lainnya. Namun jika kamu menggunakan paket kuota, tentu perlu membatasi penggunaannya agar tidak menyedot pulsa dan otomatis melakukan perpanjang sendiri.

Banyak yang belum tahu untuk cara cek kuota tersebut, padahal mengetahui pemakaian paket internet di smartphone kamu ini sangat berguna. Tim TeknoFusion berbagi tips disini:

1. Melalui Menu Panggilan atau Kirim Kode USSD

Kode USSD XL 123

Menu Panggilan menggunakan kode USSD (singkatan dari Unstructured Supplementary Service Data) ini merupakan cara pertama yang diperkenalkan oleh operator seluler kepada pelanggannya, termasuk operator XL Axiata. Banyak kombinasi kode USSD ini untuk berbagai keperluan terkait layanan kartu XL, tetapi tidak perlu dihafal dan diingat-ingat semuanya. Cukup beberapa kode USSD yang sering digunakan yang perlu kita ingat, salah satunya adalah cek kuota ini. Menariknya, kode USSD ini dapat disimpan di handphone kita sebagai nomer panggilan.

Penggunaan Kirim Kode USSD ini sangat mudah dan dapat melayani permintaan pelanggan XL secara lengkap, dari mulai info nomer SIM kita sampai paket Internet yang kita beli terakhir kali serta sisa kuota yang kita miliki saat ini.

  1. Ketik Kode USSD *123#
  2. Lalu tekan tombol Panggil atau Call atau ikon Telepon
  3. Pilih 7 INFO
  4. Pilih 1 Info Kartu XL-ku
  5. Pilih 1 Cek Kuota
  6. Pilih salah satu dari beberapa paket langganan kamu. Di contoh ini pilih 3 XTRA Combo Plus

Cek kuota internet XL - Pilih 7 INFO

Ini tampilan informasi kuota kartu XL

Hasil Cek Sisa Kuota XTRA Combo

2. Melalui Layanan SMS

Cara yang kedua dan ini juga mudah adalah melalui layanan SMS. Pastikan kartu kamu masih memiliki pulsa. Caranya sangat mudah yaitu dengan mengetik KUOTA lalu kirim ke nomer khusus 868. Layanan XL akan mengirimkan balasan berupa informasi sisa kuota XL di kartu kamu.

3. Melalui Aplikasi myXL

MyXL App merupakan aplikasi di handphone Android yang dapat digunakan untuk cek kuota internet XL. Aplikasi resmi dari operator XL Axiata ini dapat diunduh secara gratis dari Google Play Store disini.

Aplikasi MyXL sangat berguna bagi pelanggan kartu XL. Aplikasi ini memudahkan pelanggan layanan XL untuk memonitor penggunaan internet, memeriksa berapa banyak yang telah digunakan dalam jangka waktu tertentu, memeriksa sisa kuota saat ini dan memastikan penggunaan data internet tidak melebihi kuota. Kamu juga dapat melihat riwayat penggunaan data sebelumnya di aplikasi ini.

Aplikasi ini memiliki antarmuka yang mudah digunakan dan dilengkapi dengan empat opsi: Penggunaan, Data, Bundel, dan Akun. Opsi Penggunaan menampilkan penggunaan data berdasarkan rentang tanggal dan jenis data yang dikonsumsi. Opsi Data menampilkan rincian paket data yang dipilih oleh pengguna. Opsi Bundle memungkinkan pengguna untuk membeli bundel baru paket internet atau menambahkan lebih banyak data ke bundel yang ada. Opsi Akun menampilkan detail tentang akun seperti status saat ini, kuota bulanan, dll.

Kamu bisa memasukkan lebih dari satu kartu ke dalam aplikasi MyXL ini.

4. Melalui Situs Resmi Operator XL Axiata

Sebenarnya cara ini sama dengan cara cek kuota melalui aplikasi MyXL diatas, hanya saja akses melalui website resmi milik operator XL Axiata, jadi kamu tidak perlu mengunduh dan instal aplikasi myXL.

Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Kunjungi website https://my.xl.co.id/
  2. Pilih bahasa indonesia
  3. Masukkan nomor XL kamu
  4. Tunggu hingga dapat kode OTP yang dikirim melalui SMS verifikasi. Jika sudah menerima, maka kamu dapat masuk ke akun kartu XL-mua dan cek semua informasi yang tersedia.

Tentu saja informasi di website sama dan selengkap melalui aplikasi MyXL, mulai dari nomor XL kamu, sisa pulsa, masa berlaku kartu, sisa kuota internet, SMS, telpon dan layanan lainnya. Semuanya ditampilkan pada menu rincian sehingga mudah navigasinya.

5. Hubungi Customer Service XL di 817

Ini cara terakhir yang bisa kamu lakukan jika semua cara diatas sudah dilakukan namun kamu masih bingung. Silahkan hubungi nomer khusus 817 untuk terhubung langsung dengan Customer Service CS XL, biaya per panggilan dikenakan Rp 500 dan itu berlaku satu panggilan saja ya.


Dengan semua cara cek kuota XL, baik untuk kartu 3G, 4G dan 4G LTE diatas, tentu memudahkan kamu memutuskan untuk membeli paket yang tersedia tanpa kuatir akan memiliki kuota yang terlalu besar berlebihan.

Semoga daftar cara cek kuota kartu XL diatas bermanfaat dan membuat kamu pas dalam memilih paket internet terbaik yang ditawarkan saat ini. Selamat mencoba.