Cara Membuat Template Instagram di Android

Mudah Buatnya Dan Tampilan Medsosmu Terlihat Anti-Mainstream

Last Updated on Mei 12, 2023 by Redaktur TeknoFusion

Cara membuat template Instagram di Android bisa membuat tampilan medsosmu menjadi terlihat anti-mainstream dan beda dari lainnya. Ini bukan hanya akan membuat akunmu tampak lebih kekinian namun juga tidak membosankan.

Selain itu, kamu juga akan sangat terbantu jika menggunakannya sebagai salah satu teknik marketing dalam berbisnis. Sebab kamu akan memiliki desain yang akan menarik lebih banyak pelanggan baru tanpa harus membuang banyak waktu membuat ide-ide baru.

Untungnya, ada cukup banyak aplikasi untuk cara membuat template Instagram di Android yang mudah digunakan. Dengan aplikasi-aplikasi ini, kamu juga bisa membuat tampilan IG menjadi menarik, tapi tetap dapat fokus dengan pekerjaan utama.

Cara kerjanya sendiri adalah untuk memudahkan dalam menyamakan warna maupun font sehingga membantu dalam memperkuat visual branding. Di IG sendiri, ada dua jenis yang umum digunakan oleh pengguna yaitu Post dan juga Story.

Aplikasi Cara Membuat Template Instagram di Android

Cara membuat template IG di Android menggunakan aplikasi lebih menghemat waktu karena tidak perlu lagi membuat ide dari nol. Berikut adalah beberapa rekomendasi yang dapat dicoba agar memiliki tampilan kekinian untuk branding.

1. Canva

Canva sangat populer sehingga menjadi salah satu aplikasi yang pasti tidak asing bagi kreator tamplate Instagram. Bahkan Canva dijadikan sebagai pilihan pertama jika ingin membuat tampilan IG lebih menarik karena mudah untuk digunakan.

Menariknya, Canva memiliki sifat multiplatform sehingga dapat diakses menggunakan berbagai perangkat baik PC dengan menggunakan website atau smartphone. Log in juga bisa dilakukan dengan berbagai langkah.

Cara membuat template Instagram di android menggunakan Canva hanya perlu membuat akun terlebih dahulu, selanjutnya kamu dapat langsung menggunakannya. Kam dapat memasukkan email serta password sehingga data di dashboard akan tersinkronisasi.

Ada banyak sekali fitur serta kostumisasi desain di dalamnya sehingga bisa lebih leluasa membuat IG-mu lebih menarik. Kamu juga dapat menambahkan stiker-tiker lucu, foto-foto dari berbagai sumber, juga merubah preset warna sesuai keinginan.

Beberapa fitur seperti stiker maupun pernak-pernik lainnya tersebut sayangnya berbayar dengan harga yang cukup bervariasi. Meski begitu, tetap ada pilihan-pilihan gratis sehingga kamu bisa menggunakannya tanpa perlu mengeluarkan biaya.

Menggunakan Canva untuk cara membuat template Instagram di android juga akan membuatmu berkreasi sesuka hati. Namun jika kesulitan dengan desain sendiri, kamu bisa menggunakan template-template yang tersedia baik gratis atau premium.

Menariknya, Canva tidak hanya bisa digunakan untuk mendesain postingan di IG saja namun juga dapat digunakan untuk berbagai sosial media. Misalnya saja untuk mengedit cover di FB, membuat thumbnail di YouTube, atau header di Twitter.

2. StoryArt

Cara membuat template Instagram di android selanjutnya adalah menggunakan StoryArt, karena selain bisa diandalkan juga memiliki ukuran tidak besar, hanya 55 MB saja. Berbeda dengan Canva yang dapat diakses di PC, StoryArt khusus digunakan untuk android atau iOS.

Kamu bisa mendownload aplikasi ini di Google Play maupun App Store secara gratis dan menikmati berbagai fitur yang ada di dalamnya. Dijamin IG milikmu akan lebih kekinian karena terdapat ribuan template untuk dipilih baik gratis hingga berbayar.

Menariknya, cara membuat template Instagram di android ini tidak hanya untuk gambar saja, namun juga ada gambar-gambar bergerak yang membuat tampilannya lebih menarik. Selanjutnya kamu bisa mengedit konten sesuka hati.

Selain menambahkan caption teks, kamu juga bisa mengatur warna dengan exposure, brightness, maupun menggunakan saturation. Jika terlalu rumit dan dirasa sulit, solusinya adalah menggunakan filter-filter yang tersedia dengan berbagai efek dan mood berbeda.

Bisa jadi kamu kurang puas dengan berbagai fitur bawaan yang ada di StoryArt. Tidak perlu khawatir, kamu masih dapat menggunakan layanan premium yang nantinya akan membuka berbagai fitur baru yang sebelumnya tidak ada.

3. Mojito

Meskipun StoryArt memiliki ukuran tidak berat, namun ternyata ada aplikasi cara membuat template Instagram di android yang jauh lebih ringan. Mojito hanya memiliki ukuran 25 MB sehingga bisa menjadi solusi bagi kamu yang tidak memiliki ruang penyimpanan besar.

Meskipun cukup ringan, namun fitur di dalamnya tidak perlu diragukan karena terdapat ratusan template untuk kamu edit kapan saja. Mojito terkenal karena memiliki kapabilitas dalam membuat InstaStory menggunakan fiturnya yang kaya.

Selanjutnya kamu juga bisa mengedit template lebih jauh dengan menulis teks menggunakan berbagai macam font bawaan. Tidak hanya itu, kamu juga bisa menambahkan stiker-stiker maupun menggunakan frame tambahan sehingga dapat memasukkan lebih dari satu foto.

Sama seperti StoryArt, Mojito hanya bisa digunakan untuk perangkat smartphone baik android maupun iOS. Kamu bisa mendownload aplikasi cara membuat template Instagram di Android ini melalui Google Play maupun App Store secara gratis.

4. Unfold

Unfold menjadi salah satu aplikasi yang cukup banyak digunakan, namun desainnya khsu untuk membuat InstaStory lebih cantik. Sebenarnya default yang tersedia bisa digunakan dalam berbagai template, kamu hanya perlu memilih desain dan mengeditnya agar menarik.

Sama seperti aplikasi-aplikasi sebelumnya, beberapa fitur bisa kamu gunakan secara gratis namun ada juga yang harus membayar dengan harga beragam. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan opsi-opsi lainnya yang lebih beragam.

Tidak hanya sebagai cara membuat template Instagram di android saja, Unfold juga multifungsi karena bisa digunakan untuk media video juga. Langkah-langkah penggunaannya juga tidak sulit, jadi kamu tidak perlu khawatir akan kebingungan.

Pada bagian awal, kamu perlu memilih template yang disukai lebih dahulu mulai dari single hingga multi panel. Baru langkah selanjutnya memasukkan berbagai foto dalam template-template yang sudah dipilih.

Kamu juga bisa menambahkan foto-foto lainnya, termasuk caption teks, juga frame sehingga dapat diisi dengan objek-objek lain. Cara membuat template Instagram di android ini bisa membuat media sosialmu menjadi lebih menarik.

Berbeda dengan Canva yang dapat digunakan pada PC, aplikasi ini hanya untuk perangkat mobile saja. Bahkan Unfold hanya tersedia pada iOS saja pada awal perilisan, namun sekarang sudah bisa digunakan untuk android juga.

5. Adobe Spark Post

Kualitas aplikasi ini tidak perlu diragukan, bahkan jumlah unduhannya saja sudah lebih dari 1 juta pengguna. Menggunakan cara membuat template Instagram di android ini akan membuat story menjadi lebih hidup.

Adobe Spark Post memiliki banyak fitur, kira-kira lebih dari 3 ribu template yang bisa kamu coba sesuka hati. Bukan hanya itu saja, kamu juga bisa menggunakan animasi-animasi yang akan membuat sosial mediamu menjadi tampak unik.

Beberapa fitur seperti kolase foto maupun template dengan berbagai kategori seperti lifestyle, travel, food, business, craft, dan banyak lainnya. Dengan begitu, kamu bisa menyesuaikannya dengan keinginan atau kebutuhan branding.

Kamu perlu sign in terlebih dahulu jika ingin menggunakan Adobe Spark Post dan mencoba berbagai fitur di dalamnya. Kamu bisa menggunakan akun Google, Facebook, maupun membuat akun baru.

Banyak pengguna menggunakan template Instagram agar tampak lebih kekinian atau untuk kebutuhan marketing bisnis. Dengan menggunakan aplikasi cara membuat template Instagram di android, pekerjaan ini menjadi lebih mudah dan tidak menyita waktu.