Cara Mempercepat Koneksi Internet Telkomsel di HP Android

Setting HP Android Yang Benar Atau Gunakan Aplikasi Yang Tepat

Last Updated on Agustus 20, 2023 by TeknoFusion

Cara mempercepat koneksi internet Telkomsel di HP android ada beragam untuk mengatasi berbagai alasan yang menjadi penyebabnya. Padahal jaringan internet sangat penting untuk melakukan berbagai aktivitas online maupun berkomunikasi.

Meskipun Telkomsel merupakan provider dengan kualitas jaringan bagus dan kecepatan akses cepat, namun ada kondisi tertentu yang membuat koneksinya melambat. Kamu bisa mengatasinya secara manual dan cukup mudah.

Selain itu ada juga cara mempercepat koneksi internet Telkomsel di HP android dengan menggunakan aplikasi. Berbagai rekomendasi aplikasi ini bisa menguatkan sinyal sehingga membuat koneksinya juga akan menjadi lancar.

Jika menggunakan cara manual atau aplikasi masih belum bisa mengatasi kualitas jaringan, maka langkah lainnya adalah dengan menggunakan alat penguat sinyal HP. Alat-alat ini bukan hanya untuk provider Telkomsel saja, namun juga solusi untuk provider lainnya. Tim TeknoFusion membahasnya di artikel ini.

Alasan Koneksi Internet Telkomsel di HP Android Lemot

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, ada berbagai alasan yang menyebabkan jaringan melambat. Berbagai alasan ini membuat kamu membutuhkan cara mempercepat koneksi internet Telkomsel di HP android sebagai solusi.

Alasan pertama yang membuat jaringanmu lemot tidak selalu karena provider, namun bisa jadi ada masalah dengan sistem operasi dari smartphone sendiri. Untungnya cara mengatasinya cukup mudah yaitu hanya perlu menyalakan ulang ponsel androidmu.

Cuaca buruk saat musim penghujan juga sangat berpengaruh dengan cepat atau lambatnya jaringan. Biasanya hujan menutupi sinyal semua provider, oleh sebab itu butuh cara mempercepat koneksi internet Telkomsel di HP android untuk mengatasinya.

Pada waktu-waktu tertentu, banyak orang menggunakan internet secara bersamaan sehingga jaringannya juga menjadi terbagi. Hal ini juga terjadi ketika menggunakan WiFi yang semakin banyak penggunanya akan menjadi semakin lemot.

Setiap provider biasanya memiliki paket maupun bonusan yang berbeda-beda, begitu juga dengan Telkomsel. Paketan juga bisa jadi menjadi permasalahan kecepatan jaringan, sebab terkadang ada bosan yang hanya berlaku pada jam dan batas kecepatan tertentu.

Cara mempercepat koneksi internet Telkomsel di HP Android juga mungkin dibutuhkan ketika kamu berada di tempat yang tidak terjangkau dengan menara sinyal. Tempat pedalaman umumnya memiliki pohon yang menghalangi sinyal sehingga internetmu lemot.

Terakhir, bisa jadi sedang ada perbaikan atau maintenance sehingga tentu saja akan sangat mempengaruhi aktivitas online yang sedang kamu lakukan. Jika sudah begitu, tidak ada yang bisa dilakukan selain menunggu atau menggunakan jaringan WiFi untuk keperluan online.

Cara Mempercepat Koneksi Internet Telkomsel di HP Android

Setelah mengetahui penyebabnya, kamu bisa lebih mudah menggunakan cara mempercepat koneksi internet Telkomsel di HP secara manual tanpa aplikasi. Berikut cara mempercepat koneksi internet:

1. Mengubah Aturan dari 3G HSPA ke 4G LTE

Salah satu caranya adalah dengan mengubah aturan dari 3G HSPA ke 4G LTE. Jaringan 4G LTE punya akses lebih cepat, selain itu respon terhadap pesan masuk juga sangat baik. Sayangnya, kamu harus berada di daerah atau kawasan yang mendukung layanan ini jika ingin menggunakannya.

Itulah kenapa kamu dapat berpindah lokasi untuk mempercepat akses online, sebab bisa jadi koneksinya jauh lebih kuat. Selain itu, lokasi lain baru mungkin saja mendukung 4G LTE sehingga kamu bisa nyaman menikmati layanan Telkomsel ini.

2. Mematikan Akses Aplikasi yang Tidak Digunakan

Kamu juga dapat menggunakan langkah lainnya, yaitu dengan mematikan akses aplikasi yang tidak digunakan. Tujuan mematikan akses aplikasi sendiri adalah untuk menghemat penggunaan data sehingga tidak lemot.

3. Mematikan Update Otomatis

Selain mematikan akses internet, kamu juga bisa mematikan update otomatis sebagai cara mempercepat koneksi internet Telkomsel di HP android lainnya. Tidak sedikit pengguna yang mengatakan jika langkah ini ternyata cukup efektif.

4. Refresh Jaringan

Kamu bisa refresh untuk mendapatkan jaringan lebih cepat, caranya cukup dengan menyalakan mode pesawat selama beberapa detik lalu matikan kembali. Dengan begitu internetmu secara otomatis melakukan refresh.

5. Menggunakan Ketika Tidak Banyak Orang Melakukan Akses

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, banyaknya pengguna bisa menyebabkan aktivitas online terganggu. Oleh sebab itu, cara mempercepat koneksi internet Telkomsel di HP android adalah dengan menggunakannya ketika tidak banyak orang melakukan akses online.

6. Memperhatikan Aplikasi yang Telah Dikunjungi

Selain itu pastikan juga kamu telah memperhatikan aplikasi maupun website yang telah dikunjungi. Situs web atau aplikasi yang tidak profesional kemungkinan akan membuat akses menjadi sangat lambat karena tidak ada server besar untuk meningkatkan aksesibilitas.

Aplikasi Mempercepat Koneksi Internet Telkomsel di HP Android

Selain menggunakan cara mempercepat koneksi internet Telkomsel di HP android secara manual, kamu juga bisa memanfaatkan aplikasi penguat sinyal. Ada cukup banyak rekomendasi yang bisa kamu coba agar aktivitas online tidak lagi terganggu.

1. Jaringan Info Signal

Pertama, kamu dapat mencoba Jaringan Info Signal yang bisa membantu menemukan sinyal di berbagai situasi. Meskipun tidak memperkuat sinyal secara langsung, namun Jaringan Info Signal cukup membantu memberi informasi secara akurat.

2. 4G LTE Booster

Selanjutnya, kamu bisa mencoba 4G LTE Booster Network jika smartphone yang kamu gunakan sudah menggunakan 4G. Nantinya aplikasi ini akan memonitoring test server juga load management sehingga kamu bisa melihat grafik jaringan dan mengatur koneksinya.

3. Internet Booster & Optimizer

Cara mempercepat koneksi internet Telkomsel di HP android juga bisa menggunakan aplikasi Internet Booster & Optimizer. Selain dapat mempercepat koneksinya, aplikasi ini juga bisa dapat membersihkan sampah di HP.

4. Connection Stabilizer Booster

Connection Stabilizer Booster juga dapat digunakan untuk mendapat sinyal bagus jika dibandingkan dengan aplikasi-aplikasi lainnya. Meskipun kamu harus mengatur beberapa konfigurasi, namun sinyal HP bisa lebih terjaga. 5

5. Opensignal – 3G & 4G Signal & WiFi Speed Test

Kamu juga bisa menggunakan Opensignal – 3G & 4G Signal & WiFi Speed Test untuk dapat menemukan sinyal kencang. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan informasi ketika ada jaringan WiFi di sekitarmu secara gratis.

6. Net Optimizer

Aplikasi selanjutnya yang dapat digunakan sebagai cara mempercepat koneksi internet Telkomsel di HP android adalah Net Optimizer. Bukan hanya dapat menguatkan sinyal, ukurannya juga ringan sehingga tidak menghabiskan penyimpanan.

Itulah beberapa aplikasi yang bisa dijadikan rekomendasi menguatkan koneksi internet menggunakan aplikasi. Selain itu, langkah selanjutnya adalah dengan menggunakan alat-alat tertentu yang juga bisa membantu melancarkan aktivitas online.

Alat Mempercepat Koneksi Internet Telkomsel di HP Android

Stiker penguat sinyal HP GEN X merupakan cara mempercepat koneksi internet Telkomsel di HP android untuk kamu yang punya bugdet terbatas. Tidak hanya untuk android saja, stiker ini juga bisa untuk tablet, iOS, modem, dan perangkat maupun tipe smartphone lainnya.

1. HP GSM 4G LTE 1800 mHz

Penguat sinyal HP GSM 4G LTE 1800 mHz bisa digunakan untuk beberapa provider selain Telkomsel, misalnya seperti Indosat atau XL. Alat ini juga dapat menjangkau area hingga 200 meter persegi, namun tetap tergantung dengan kondisi area tempatmu berada.

2. GSM Repeater 3G/4G High Power Dual Band

Rekomendasi alat penguat selanjutnya adalah GSM Repeater 3G/4G High Power Dual Band yang dapat digunakan di dalam rumah, gedung, perkebunan, dan sebagainya. GSM Repeater ini juga bisa digunakan untuk berbagai provider selain Telkomsel.

3. HP GSM Dual Band 2G/4G

Alat terakhir yang dapat digunakan adalah penguat sinyal HP GSM Dual Band 2G/4G. Jadi, alat ini bisa mendukung sinyal dual band 2G dan 4G sehingga permasalahan lambatnya koneksi dapat teratasi.

Banyaknya aktivitas online yang kamu lakukan pasti membutuhkan kecepatan internet yang kencang agar tidak terhambat. Cara mempercepat koneksi internet Telkomsel di HP android dapat dicoba untuk mengatasi jaringan lemot.