Kenapa Tidak Bisa Mengirim Tugas di Google Classroom? Ini Cara Mengatasinya!

Last Updated on Agustus 19, 2023 by TeknoFusion

Google classroom jadi suatu pilihan yang digunakan banyak pengajar dalam merealisasikan pendidikan berbasis daring. Tapi rupanya banyak siswa yang justru mengalami masalah ketika menggunakan aplikasi tersebut. Salah satunya banyak yang bertanya kenapa tidak bisa mengirim tugas di Google Classroom.

Tugas gagal terkirim, tentu berdampak buruk pada nilai yang diberikan guru kepadanya. Maka tidak mengherankan jika pertanyaan ini cukup umum dalam mesin pencarian Google. Tapi tak perlu khawatir pasti maka jumlah hal berikut ini agar mengetahui bagaimana penanganan yang tepat:

Penyebab Gagal Mengirim Tugas di Google Classroom

Sebelum membahas kenapa tidak bisa mengirim tugas di google classroom ada baiknya siswa paham mengapa masalah tersebut bisa terjadi. Karena ternyata ada berbagai hal yang dapat menyebabkan gagalnya tugas terkirim. Terutama pada aplikasi google classroom.

Jika seorang siswa telah mengetahui berbagai permasalahan yang ada pasti akan lebih paham cara untuk mengatasinya. Serta meminimalisir hal yang sama kembali terulang. Simak berbagai penyebab gagalnya mengirim tugas di kelas google classroom berikut:

1. Koneksi Internet Bermasalah

Koneksi internet jadi penyebab kenapa tidak bisa mengirim tugas di Google classroom. Sehingga sulit diakses secara maksimal karena jaringan internet yang tidak stabil. Untuk dapat mengirim tugas pada aplikasi ini memang butuh jaringan yang memadai.

Jadi pastikan jika ingin mengirim tugas sinyal dalam kondisi baik. Sehingga, saat membuka atau mengirim sebuah tugas dapat berjalan dengan cepat. Jadi, siswa tidak akan lagi menemui tugas yang tak bisa terkirim.

2. Google Classroom Overload

Selanjutnya kenapa tidak bisa mengirim tugas di google classroom lantaran overload. Keadaan tersebut terjadi di mana kebanyakan siswa mengirim dalam waktu bersamaan. Sehingga sistem menampung terlalu banyak masukan dan tugas yang diberikan siswa.

Hal ini merupakan sebuah masalah umum dan sering terjadi. Maka dari itu, jika memang keadaan tersebut menghambat silahkan ulangi pengiriman tugas. Terlebih jika beberapa teman sekelas telah mengirim tugas memungkinkan google classroom kembali berfungsi optimal.

3. Lewat Batas Waktu dan File Bermasalah

Penyebab selanjutnya tidak dapat mengirim tugas di classroom dikarenakan tugas telah lewat batas waktu. Apalagi jika guru memang memberikan tenggat waktu untuk pengumpulan sebuah tugas. Maka siswa harus memastikan bahwa tugas tersebut dikirim tepat pada waktunya.

Salah satu hal lain yang juga menjadi penyebabnya adalah format file yang tidak mendukung. Contohnya format tugas yang tidak sesuai tidak akan bisa terkirim pada aplikasi Google classroom. Sehingga, sebelum mengumpulkan tugas siswa alangkah baiknya untuk mengecek terlebih dahulu.

Solusi dalam Mengatasi Gagal Mengirim Tugas di Google Classroom

Selanjutnya akan dipaparkan beberapa solusi yang bisa digunakan siswa. Apabila terjadi kendala dan tidak bisa mengirimkan tugas pada aplikasi Google classroom. Tak perlu khawatir simak saja sejumlah penjelasan berikut:

1. Mengubah format file

Siswa dapat melakukan pengubahan pada format file agar tugas yang dikirimkan dapat diterima oleh aplikasi. Karena memang jika format tidak sesuai membuat tugas tidak akan bisa terkirim. Sehingga akan membuat siswa merasa rugi dengan hal ini.

2. Internet Stabil

Solusi berikutnya yang bisa dilakukan adalah menunggu internet stabil saat mengirim tugas. Seperti yang telah dijelaskan bahwa koneksi internet yang buruk justru menghambat dalam pengiriman tugas pada aplikasi Google classroom. Jika paket data kurang memadai silakan gunakan wifi.

Itulah sejumlah penjelasan terkait kenapa tidak bisa mengirim tugas di Google classroom. Jangan lupa pahami sebab dan solusi ini dapat digunakan dalam membantu siswa mengirimkan tugas.