Cara Agar YouTube Tetap Berjalan Saat Buka Aplikasi Lain, Wajib Dicoba!

YouTube adalah salah satu situs web yang memberikan akses kepada para penggunanya untuk mengupload serta membagikan video. Cara agar YouTube tetap berjalan saat buka aplikasi lain perlu diketahui. Sebab, terkadang pengguna smartphone ingin menonton YouTube sembari mengakses aplikasi lain juga.

Saat sedang menikmati YouTube, sudah dipastikan akan terganggu jika tiba-tiba ada chat masuk kemudian video pun terhenti begitu saja. Padahal, sedang asyik-asyiknya menonton di tengah rasa suntuk saat bekerja. Lalu, bagaimana caranya agar YouTube tetap berjalan meskipun sembari mengakses aplikasi lain? Simak penjelasannya berikut ini:

1. Menggunakan Google Chrome

Mengakses YouTube lewat browser Google Chrome merupakan salah satu cara agar YouTube tetap berjalan saat buka aplikasi lain. Tidak diperlukan aplikasi dari pihak ketiga atau semacamnya. Penggunaannya sangat mudah. Tinggal masuk ke Google Chrome seperti pada komputer.

Langkahnya sangat mudah, bukalah situs YouTube melalui Chrome terlebih dahulu. Kemudian cari video yang akan ditonton dan putarlah. Pada saat video diputar, zoom in video tersebut ke mode layar penuh. Klik home, maka YouTube pun akan otomatis terputar di belakang layar.

2. Menggunakan Split Screen

Langkah pertama, buka dua aplikasi dalam keadaan terpisah, open dan hold tombol task manager. Dapat juga dilakukan dengan menggeser aplikasi ke atas layar, aplikasi akan tepat di setengah bagian atas layar. Setelah itu, pilih aplikasi lain yang akan diletakkan di bawah.

Ini sangat cocok bagi pengguna Android 7.0 Nougat. Karena sudah memberi layanan bagi penggunanya untuk menikmati fitur Split Screen. Split Screen dapat membantu membuka lebih dari satu aplikasi dengan cukup baik. YouTube siap bersanding dengan aplikasi lain yang sedang berjalan.

3. Menggunakan Picture in Picture

YouTube memberikan layanan fitur Picture in Picture ini untuk memberi kemudahan bagi pengguna saat menonton sambil melakukan aktivitas lain. Picture in Picture memutar video pada jendela kecil atau dikenal floating window yang bisa diatur letak juga ukurannya.

Fitur Picture in Picture bisa dimanfaatkan pengguna Android 8.0 Oreo. Picture in Picture tidak seperti Split Screen yang membagi layar, namun tak lain hanya menjadikan video lebih kecil pada layar.

Upaya agar YouTube tetap dapat dinikmati meski sedang membuka aplikasi lain dapat ditempuh dengan cara ini. Pertama, buka dan mainkan video yang ingin ditonton. Setelah itu, tekan menu home maka video akan mulai mengambang pada layar.

4. Menggunakan YouTube Premium

YouTube Premium merupakan fitur untuk akses video YouTube Original tanpa adanya iklan. YouTube Premium adalah solusi untuk bisa menonton YouTube sembari mengakses fitur lain. Sesudah menjadi pelanggan berbayar, semua pengguna YouTube sudah dipastikan dapat menggunakan akses minimize. Cukup dengan membayar sekitar 10 – 60 ribu rupiah per bulan.

Seperti diketahui, jutaan konten ada di YouTube. Kendati demikian, tentunya tak bisa menontonnya di waktu yang sama. Pada YouTube Premium, pengguna dapat mengunduh offline konten.

5. Menggunakan YMusic

YMusic bisa berfungsi sebagai converter video YouTube ke MP3. Jika ingin menggunakan YouTube di latar belakang, instal terlebih dahulu. Setelah terinstall, buka aplikasi, pilih menu pencarian, klik video yang diinginkan. Klik tombol home, YouTube akan mulai berjalan di latar belakang.


Itulah 5 cara agar YouTube tetap berjalan saat buka aplikasi lain. Ini merupakan impian setiap orang bisa menikmati video YouTube tanpa harus menutup aplikasi lain yang berjalan. Dengan adanya kemajuan teknologi, menikmati video YouTube jadi lebih menyenangkan tanpa gangguan. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

 

By riandi

Artikel Terkait