Cara Upload Video YouTube Bebas Klaim Hak Cipta Dari Manapun

Last Updated on Agustus 20, 2023 by TeknoFusion

Apabila pemilik channel YouTube mengupload video yang memiliki banyak kesamaan dengan video yang sudah ada maka rentan terkena klaim hak cipta. Dengan demikian, pemilik channel harus tahu cara upload video YouTube bebas klaim hak cipta.

Youtuber perlu melakukan beberapa cara agar konten apapun yang dibuat di dalam video yang diupload selalu bebas dari deteksi plagiat. Berikut adalah cara mengupload video tanpa adanya klaim hak cipta antara lain:

1. Buat Video Yang Asli (Original)

Memastikan video yang dibuat adalah karya yang asli menjadi satu cara upload video Youtube bebas klaim hak cipta yang ampuh. Video yang tidak menjiplak video yang sudah ada tentu akan aman dari klaim hak cipta.

Selain bebas klaim hak cipta, video yang kualitasnya asli atau original yang berasal dari ide asli pemilik channel bisa saja menjadi daya tarik baru bagi penonton. Lebih baik menciptakan karya baru daripada menjiplak karya lama.

Jika membuat ide yang baru dirasa agak sulit, pemilik channel Youtube bisa melakukan analisis konten jenis apa yang sedang memiliki banyak penonton. Dengan demikian, pemilik channel bisa menemukan inspirasi dari hasil analisis tersebut.

2. Gunakan Musik Latar Belakang Yang Tidak Mengandung Hak Cipta

Video yang diupload di YouTube pastinya akan menarik ditonton jika menggunakan musik latar belakang.  Dengan penambahan musik tersebut penonton akan lebih nyaman menonton video walaupun memiliki durasi yang lama.

Cara upload video YouTube bebas klaim hak cipta juga akan berhasil dengan memilih musik latar belakang yang tidak memiliki hak cipta. Gunakan musik yang gratis untuk digunakan untuk video YouTube agar bebas klaim hak cipta.

Jika musik yang memiliki hak cipta digunakan untuk video YouTube, bisa saja tidak terkena hak cipta. Namun, lebih aman jika musik yang dipakai adalah musik yang mengandung label free yang artinya gratis atau bebas digunakan.

3. Pakai Video Yang Memiliki Lisensi Creative Commons

Dalam video yang dibuat oleh pemilik channel YouTube, terkadang memerlukan video cuplikan dari channel lain untuk menambahkan penjelasan atau contoh yang dapat dilihat oleh penonton. Namun, jika memasukkan cuplikan sembarangan akan rentan klaim hak cipta.

Untuk menambahkan video cuplikan dari video lain dan tetap terhindar klaim hak cipta, maka pilihlah video cuplikan yang berasal dari konten yang lisensinya Creative Commons. Lisensi ini merupakan lisensi yang aman dari klaim hak cipta.

Video dengan lisensi ini sudah dipastikan aman klaim hak cipta karena lisensi ini merupakan tanda bahwa video sudah diizinkan digunakan untuk konten lain. Pemilik asli video memberikan lisensi ini agar kontennya bisa dilanjutkan orang lain.

4. Mengedit Kembali Video Pakai Software

Apabila ingin mengupload video yang sama persis dengan video yang sudah ada di YouTube dan video akan diupload langsung tanpa perubahan pastinya akan terkena klaim hak cipta. Untuk itu video tersebut perlu dilakukan editing lagi.

Video yang sudah ada di YouTube dan ingin diupload oleh pemilik channel lain bisa saja bebas dari klaim hak cipta. Mengedit video yang akan diupload dengan menggunakan software khusus bisa dilakukan untuk menjaga adanya klaim.

Tujuannya adalah agar video yang akan diupload memiliki perbedaan  dari video aslinya. Proses editing yang biasa dilakukan adalah mengubah durasi, menambahkan sedikit hiasan, dan sebagainya.

Demikian penjelasan dari cara upload video YouTube bebas klaim hak cipta. Serangkaian pilihan cara di atas dapat dijadikan pedoman bagi pemilik channel YouTube ketika mengupload video barunya agar tetap bebas dari klaim hak cipta.