3 Cara Mengecek Resi Pengiriman Pos dengan Mudah dan Praktis

Last Updated on November 24, 2022 by TeknoFusion

Sebelum mengetahui cara mengecek resi pengiriman pos ataupun jenis pengiriman yang terpenting adalah menyiapkan nomor resi. Nomor tersebut pasti akan didapatkan setelah menyerahkan barang kepada petugas. Untuk itu, simak cara mengecek pengiriman pos berikut ini:

Nomor Resi Itu Apa?

Sebelum membahas lebih jauh cara mengecek resi pengiriman pos, maka pembaca harus paham sebenarnya apa itu nomor resi dan dimana letaknya. Nomor resi sendiri adalah nomor pengiriman yang mana pengguna bisa melihat di bagian nomor kiriman atau barcode.

Umumnya nomor resi sendiri terdiri dari 11 digit angka, maka jangan salah memasukkan nantinya. Sebab, untuk pengecekan barang nomor resi yang terpenting. Pasalnya tidak bisa mengecek dengan nama penerima atau pengirim.

Cara Mengecek Resi Pengiriman Pos

Adapun mengenai cara mengecek resi pengiriman pos ada banyak caranya. Pengguna bisa mencoba salah satunya. Tanpa berbasa-basi berikut ini akan dipaparkan penjelasannya lengkap. Jadi, bisa mempraktekkan dengan mudah, simak ulasan di bawah ini:

1. Mengecek Secara Online Via Website

Adapun pembahasan pertama mengenai cara mengecek resi pengiriman pos menggunakan website resmi dari Pos Indonesia. Untuk caranya sangat mudah pembaca bisa simak penjelasan lengkapnya dibawah ini:

  • Langkah pertama saat mengecek resi pengiriman pos adalah dengan membuka browser. Untuk itu pembaca bisa menggunakan perangkat laptop ataupun HP. Selain itu, pastikan juga perangkat telah tersambung dengan internet juga.
  • Maka dari itu, setelah masuk pada browser langkah selanjutnya adalah ketik alamat websitenya yang sesuai.
  • Setelah pengguna masuk sistem akan mengarahkan kepada bagian utama dari website tersebut.
  • Pada bagian kolom Tracking bisa diisi dengan nomor resi yang sudah diberikan petugas sebelumnya.
  • Tulis nomor yang tertera pada paket tersebut dengan tepat, pasalnya jika satu angka saja salah maka paket tidak bisa dideteksi.
  • Selanjutnya pengguna bisa klik bagian cari, tunggu sejenak sehingga akan muncul data status paket tersebut. Tentunya cara ini sangat mudah dilakukan pasalnya hanya perlu menyiapkan smartphone saja.

2. Mengecek Secara Online Via Media Sosial

Kemudian jika ingin melakukan pengecekan selain dari website, pengguna bisa mengecek dengan media sosial. Tentunya pos Indonesia akan memberikan nomor Customer Service dan data lainnya yang bisa dihubungi:

  • Menggunakan layanan customer service pada hotline di 161 atau 021161
  • Menggunakan layanan dari media sosial Twitter resmi milik Pos Indonesia. Adapun nama akun Twitternya adalah @PostIndonesia.
  • Kemudian bisa juga masuk ke alamat websitenya yang ada di www.posindonesia.co.id.

3. Mengecek Secara Online Via Aplikasi

Selanjutnya ada cara mengecek resi pengiriman pos yang dilakukan dengan memanfaatkan aplikasi. Untuk caranya juga mudah berikut penjelasannya:

  • Langkah pertama adalah dengan mendownload aplikasi PosAja Indonesia. Untuk aplikasi ini sudah tersedia pada layanan Google Play Store atau App store. Jadi, pengguna bisa download dari sana.
  • Selanjutnya bisa melakukan registrasi terlebih dahulu, sebelum menggunakan aplikasi ini. Agar data resi yang dicari sebelumnya bisa tersimpan.
  • Kemudian bisa mengecek resi dari barang dengan cara mengetikkan nomor resi Pos Indonesia dengan tepat.
  • Jika pengguna mengetikkan nomor yang sesuai maka akan muncul posisi paket yang dicek tadi.

Aplikasi Cek Resi Pengiriman Pos


Demikian itu beberapa cara mengecek resi pengiriman pos yang bisa dilakukan. Mulai dari memanfaatkan situs website resmi Pos Indonesia, aplikasi dan sebagainya. Tentunya cara yang disampaikan tersebut juga lebih mudah untuk dipraktekkan.