Bingung Karena File Terhapus? Inilah 5 Cara Melihat File Sampah di Android dengan Mudah

Last Updated on Mei 18, 2023 by TeknoFusion

Mengabadikan momen pada android adalah hal lumrah yang dilakukan setiap orang. Beberapa di antaranya merapikan folder dengan membuang file yang tidak diperlukan lagi. Namun, bagaimana cara melihat file sampah di android? Terlebih jika file tersebut masih diperlukan tetapi tidak sengaja terhapus?

Kehilangan file/data pada perangkat android memang meresahkan. Rasanya ingin mengulang beberapa waktu ke belakang untuk lebih teliti lagi. Tetapi tenang saja, berikut ini akan dibahas mengenai cara melihat file sampah di android dengan beberapa aplikasi. Simak penjelasannya berikut ini:

1. Menggunakan Dumpster – Recycle Bin

Dumpster merupakan salah satu aplikasi yang tergolong booming di kalangan pengguna android. Aplikasi ini memberi fasilitas seolah-olah pengguna android memiliki fitur Recycle Bin seperti di Windows. Tidak akan khawatir lagi jika file tidak sengaja terhapus. Dumpster adalah jawaban dari persoalan ini.

Ketika salah menghapus data/file lalu ingin mengembalikannya, hal pertama yang bisa dilakukan adalah membuka Dumpster. Setelah masuk ke Dumpster, pilih file yang telah terhapus. Dumpster sangat membantu terutama bagi pekerja yang sering menggunakan android sebagai fasilitas utama dalam menyelesaikan pekerjaannya.

2. Menggunakan DigDeep Image Recovery

Cara melihat sampah di android dapat juga dilakukan dengan menggunakan aplikasi DigDeep Image Recovery. Aplikasi ini diperuntukkan bagi yang ingin mengembalikan data berupa foto. Penggunaannya cukup mudah dan tidak memerlukan waktu lama. Install aplikasinya, kemudian pindai data tersebut pada folder.

Beberapa fitur yang dimiliki DigDeep Image Recovery diantaranya:

  • Proses scanning yang singkat
  • Tidak diperlukannya akses root
  • Proses pengembalian data yang cepat

3. Gunakan Aplikasi Recover Deleted Photos

Aplikasi Recover Deleted Photos digunakan untuk mengembalikan file berupa foto yang terhapus dengan cukup mudah. Setelah aplikasi terinstall di android, mulailah lakukan scanning terhadap folder yang merupakan tempat di mana foto tersebut terhapus. Tunggu beberapa saat hingga foto yang terhapus dapat pulih kembali.

4. Menggunakan Aplikasi 4EXT Recovery

Aplikasi selanjutnya adalah 4EXT Recovery, salah satu aplikasi terbaik yang dapat diunduh di Google Play. Kualitas dari 4EXT ini cukup baik, terlebih dibekali dengan beragam fitur tambahan yang menjadi pembeda dari aplikasi recovery lainnya.

Mengembalikan file terhapus dengan 4EXT ini sangat direkomendasikan. Sebab, data yang telah terhapus dapat direstorasi dengan cukup baik. Namun, setiap aplikasi pasti memiliki kelebihan dan kekurangan. Kendati banyak memberi manfaat, ternyata aplikasi 4EXT adalah aplikasi berbayar, di mana pengguna harus melakukan pembayaran terlebih dahulu.

5. Dengan Aplikasi Undeleter Recover Files & Data

Aplikasi Undeleter Recover Files & Data memiliki fungsi yang dominan dengan aplikasi yang telah dijelaskan sebelumnya. Memang melelahkan jika sudah mencoba banyak aplikasi namun tidak kunjung menemukan solusi. Aplikasi ini adalah salah satu jawaban dari pertanyaan apakah file hilang dapat dilihat lagi atau tidak.

Kelebihan dari aplikasi ini adalah, dapat mengembalikan SMS, percakapan WhatsApp bahkan sampai ke log panggilan. Selain itu, Undeleter Recover Files & Data mampu mengembalikan file yang berasal dari berbagai format seperti dokumen, gambar, musik dan lainnya.

Sedangkan jika membahas mengenai kekurangannya, aplikasi ini tidak memiliki kemampuan membackup secara langsung satu folder. Sebab, kendati Undeleter Recover Files & Data mendeteksi ke semua disk, data yang dikembalikan tidak dapat pulih sempurna seperti sedia kala.

Demikian 5 cara melihat file sampah di android yang dapat dicoba. Meskipun banyak aplikasi yang dapat menjembatani kendala ini, tetaplah berhati-hati dalam menyortir file yang hendak dihapus. Jika sudah terlanjur, jangan mengandalkan satu aplikasi saja karena masih ada aplikasi lain yang dapat menjadi solusi.