Cara Ganti Akun Pembayaran Google Play dan Alasan Menggantinya

Last Updated on November 22, 2022 by Redaksi TeknoFusion

Cara ganti akun pembayaran Google Play seringkali terkendala terkait kebingungan mengenai mekanisme pembayarannya. Google Play sendiri sebenarnya mempunyai banyak kategori. Terdapat play game, play store, play buku, google tv, play Buku, dan sebagainya hal tersebut menyesuaikan pemasaran tiap item-nya.

Semisal, Google play store dikhususkan untuk pemasaran aplikasi – aplikasi android. Pembahasan mengenai ganti akun pembayaran Google play dibawah ini lebih dicenderungkan untuk play store, play buku, play film, dan play game. Google play services khusus developer untuk pengembangan aplikasi mereka.

Langkah Ganti Akun Google Play

Mekanisme pembayaran Google Play seiring waktu mengikuti perkembangan digital. Banyak macam akun pembayaran yang bisa ditransaksikan melalui Google Play voucher, pulsa, Dana, kartu kredit / debit, Gopay, Shopeepay hingga ke Alfamart. Dibawah ini adalah beberapa langkah ganti akun Google Play, yaitu:

  • Masuk dan jalankan Google Play.
  • Ketik dan pilih aplikasi, buku, film, game yang hendak dibeli.
  • Pilih “Beli” atau “Sewa”.
  • Sorot dan pilih metode pembayaran yang sesuai harga.
  • Pilih dan klik akun pembayaran tersebut.
  • Lanjutkan pembelian atau menyewa jika diminta kembali.
  • Masukan PIN atau password akun Gmail.

Mengapa Harus Ganti Akun Google Play?

Seiring waktu dan zaman, keperluan menyelesaikan pekerjaan dengan instan semakin meningkat. Menanggapi hal ini pihak Google menyediakan cara ganti akun pembayaran Google play yang beragam. Selain daripada hal itu pula ada beberapa alasannya, yaitu:

1. Keamanan Privasi

Alasan utama beragamnya cara ganti akun pembayaran google play dikarenakan pentingnya keamanan privasi supaya tidak bocor dan disalahgunakan untuk tindak kejahatan yang merugikan baik korban maupun pengembang. Karena itu, metode pembayaran selalu memasukan password Gmail untuk kontrol dan pengawasannya.

2. Biaya yang Murah

Selain dari harga pembelian item, cara ganti akun pembayaran Google Play masing – masing memiliki dasar tarif layanan yang terbilang murah meriah bahkan ada yang memberikan layanan tersebut secara gratis. Biaya yang murah inilah banyak orang menyukai mekanismenya.

3. Kebutuhan yang Mendesak

Dewasa ini, masyarakat butuh layanan yang terpercaya dan cepat dalam menangani kebutuhannya. Beragam kebutuhan masyarakat seperti: pembelian obat instan, hiburan, tools untuk meningkatkan produktivitas, dan sebagainya sangat diperlukan. Demikianlah kebutuhan ini perlu ditunjang dengan menghadirkan beragam akun pembayaran yang memudahkan masyarakat.

4. Berada di Zaman Era Digitalisasi

Tidak dipungkiri semakin tahun semakin berkembangnya teknologi dan desakan untuk segala sesuatunya memungkinkan dilakukan secara digitalisasi. Era digital saat ini mencapai teknologi AI (Artificial Intelligence) alias kecerdasan buatan untuk beragam kebutuhan masyarakat termasuk logika mesin dalam berbagai akun pembayaran.

5. Fungsional dan Praktis

Akun – akun pembayaran seperti dompet digital, marketplace sangat fungsional dan praktis dalam pembayaran Google play. Hal ini, yang menjadi minat banyak masyarakat untuk mengganti akun pembayaran sesuai kemampuan masing – masing pengguna.

6. Pengganti Akun Sebelumnya yang Telah Non-aktif

Ada beberapa alasan ketika akun sebelumnya telah non-aktif seperti habisnya masa berlaku, pemblokiran / pembekuan akun, lupa password, dan lain – lain. Hal ini bisa diselesaikan dengan menghapus akun non-aktif di pengaturan Gmail di desktop atau menggantinya dengan akun pembayaran lainnya.

7. Penyesuaian Perubahan Perilaku Masyarakat

Telah dijelaskan sebelumnya kebutuhan masyarakat yang pesat dan zaman dengan teknologi yang pesat turut membuat banyak perubahan perilaku masyarakat. Masyarakat dahulu yang senang menonton film pakai DVD player sekarang bisa melalui Netflix. Termasuknya perubahan perilaku masyarakat dalam transaksi jual – beli.


Demikianlah langkah cara ganti akun pembayaran google play dan alasannya. Sebaiknya menggunakan akun Gmail yang aktif / dikhususkan untuk transaksi jual – beli saja. Apabila terdapat metode pembayaran tidak bisa digunakan lagi sebaiknya dihapus ke pengaturan akun Gmail melalui desktop.

 

Artikel Terkait