5 Cara Menyambung CCTV Ke HP Android, Dijamin Cepat Dan Mudah!

Teknologi kini menjadi semakin canggih, termasuk CCTV pun mengalami perkembangan yang signifikan. Pengguna tidak perlu lagi cemas bila meninggalkan rumah, karena sekarang bisa memantau keamanan melalui handphone. Untuk cara menyambung CCTV ke HP Android, pengguna hanya perlu mengikuti beberapa tips.

Dengan mengikuti cara-cara di bawah, pemilik sudah dapat mengetahui keadaan rumah, hewan peliharaan, bahkan usaha yang sedang ditinggalkan. Berikut adalah beberapa cara mengoperasikan CCTV hanya dengan menggunakan HP Android.

1. Atur Kamera CCTV Dengan Benar

Cara menyambung CCTV ke HP Android yang pertama yaitu aturlah terlebih dahulu kamera pengawas. Pastikan bahwa alat tersebut sudah dipasang dengan baik dan benar. Untuk pengaturannya sendiri, pengguna dapat mengatur kamera dengan sudut pandang dan ketinggian sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan.

Untuk bangunan yang bertingkat, disarankan meletakkan CCTV di dinding bagian atas. Hal ini bertujuan untuk mempermudah kamera pengawas dalam memantau lantai bawah, dan juga kegiatan apa saja yang sedang terjadi.

2. Pastikan DVR dan Kamera CCTV Telah Menyala

Selanjutnya pastikan DVR dan kamera CCTV telah menyala dengan baik tanpa adanya kerusakan. Digital video recorder (DVR) memiliki fungsi untuk menyimpan dan mengolah rekaman kamera pengawas. Selain itu pastikan juga CCTV sudah memakai protokol internet (IP).

Tujuannya adalah supaya kamera dapat terhubung dengan koneksi jaringan internet juga handphone yang akan digunakan. Kini DVR sudah dilengkapi dengan ethernet maupun port LAN. Hal ini akan mempermudah pengguna dalam menghubungkan digital video recorder dengan IP dan juga jaringan internet.

3. Hubungkan CCTV Pada Jaringan Internet

Agar CCTV dapat terhubung dengan HP Android, pengguna harus menghubungkan kamera ke jaringan internet. Salah satu caranya yaitu menggunakan metode Cloud Access P2P. Adapun langkah-langkahnya yaitu aktifkan fitur Cloud Access P2P pada DVR, lalu masuklah ke digital video recorder sebagai admin.

Selanjutnya masukkan kode verifikasi untuk menambah DVR pada software VMS. Jika digital video recorder sudah terhubung dengan internet, tunggulah selama 2 menit. Setelahnya status akan berubah, dari register menjadi online.

4. Samakan Alamat IP DVR Dengan Komputer

Sebelum menghubungkan CCTV pada perangkat Android, samakanlah dahulu alamat IP dengan komputer. Umumnya IP yang berasal dari DVR memiliki angka 192.168.1.10. Jika kelasnya sudah sama, pengguna dapat memasuki pengaturan digital video recorder melalui browser. Kemudian masukkan IP DVR pada laman pencarian perangkat komputer.

Setelah itu masukkan user name dan passwordnya, tunggulah beberapa saat hingga muncul pop up pada bagian atas layar. Selanjutnya klik pemberitahuan tersebut untuk mengunduh software activeX. Jika berhasil didownload dan diinstal, maka akan muncul tampilan kamera pada layar komputer.

5. Unduh Aplikasi Pemantau CCTV

Pengguna dapat mengunduh aplikasi di handphone Android yang akan digunakan untuk dapat memantau CCTV dalam jarak jauh. Untuk mendapatkannya pengguna bisa mendownload pada google play store ataupun app store lain di masing-masing perangkat yang akan digunakan.

Setelah aplikasi berhasil terunduh, masukkan alamat IP DVR pada laman yang tersedia lalu masuk. Tunggulah beberapa saat sampai terdapat tampilan kamera pada layar handphone yang digunakan. Selanjutnya pengguna pun dapat langsung mengontrol kamera CCTV melalui HP Android.


Itulah tadi cara menyambung CCTV ke HP Android dengan mudah. Sebelum menghubungkan kamera pengawas pada handphone, pastikan terlebih dulu apakah spesifikasi juga kapasitas komputer dan HP yang akan digunakan mampu untuk melihat CCTV atau tidak. Hal itu bertujuan untuk melancarkan proses pengawasan.

 

By riandi

Artikel Terkait