Lima Rekomendasi Aplikasi Agar Hp Tidak Lemot Yang Paling Baik

Ketika Hp yang digunakan mengalami kelambatan operasional, di saat itulah aplikasi agar hp tidak lemot dibutuhkan. Aplikasi aplikasi tersebut secara khusus telah didesain untuk mengatasi masalah kinerja ponsel yang jelek karena beratnya ruang. Nantinya, aplikasi-aplikasi tersebut akan mengurangi beban Hp kembali ringan.

Ada banyak sekali aplikasi yang dibuat secara serupa oleh developer lain. Namun aplikasi yang akan direkomendasikan ini memiliki kedudukan spesial di antara yang lain. Apa sajakah aplikasi tersebut? Silakan ikuti secara lengkapnya berikut:

1. Clean Master

Di antara banyaknya aplikasi yang eksis pada kalangan pengguna Hp, sebagian besar pasti mengetahui apa itu Clean Master. Aplikasi ini merupakan sebuah software yang terkenal bisa membantu Hp mengatasi sempitnya ruang penyimpanan. Clean Master bisa mendeteksi adanya sampah file kemudian membersihkannya.

Cara kerja Clean Master adalah aplikasi ini akan mengontrol keamanan dan penyimpanan Hp. Ketika dirasa Hp sudah penuh atau terdeteksi virus, Clean Master akan memberikan peringatan. Jadi, pengguna Hp akan mengambil tindakan untuk mengembalikan performa Hp.

2. DU Speed Booster

Aplikasi kedua yang sama sama direkomendasikan adalah DU Speed Booster. Nama aplikasinya memang tidak terlalu terkenal luas, namun sebenarnya aplikasi ini juga memiliki performa yang tidak tertinggal dari aplikasi lain. Bahkan, banyak sekali pengguna android yang menyarankan penggunaan aplikasi ini.

Tidak diragukan lagi bahwa DU Speed Booster memiliki kemampuan untuk menghapus semua file cache secara otomatis. Aplikasi ini juga melakukan monitoring sistem secara rutin untuk mendapatkan sampah file. DU Speed Booster juga menghapus aplikasi latar belakang yang tidak terpakai secara otomatis sehingga mengurangi kepenuhan ruang.

3. Greenify

Aplikasi ini memiliki nama yang sedikit unik, sama seperti sistem kerjanya. Aplikasi yang dikenal sangat ringan ini rupanya termasuk ke dalam aplikasi agar Hp tidak lemot.

Sebenarnya, apa yang bisa dilakukan oleh aplikasi Greenify sehingga bisa membuat Hp tidak lemot? Sama seperti pola dasar aplikasi yang lainnya, Greenify juga bertugas membersihkan folder atau file yang tidak digunakan di ponsel.

Umumnya adalah file atau folder kosong yang memenuhi ruang. Greenify juga bisa membatalkan penggunaan aplikasi latar belakang yang tidak berjalan. Jadi, aplikasi yang sedang digunakan tidak akan jadi lemot.

4. SD Maid

Langsung saja, rekomendasi yang selanjutnya jatuh kepada aplikasi SD Maid. Aplikasi rekomendasi lain yang sama sama memiliki cara kerja membersihkan file. Namun, aplikasi ini dikenal sebagai aplikasi yang ramah penyimpanan dan sangat ringan. Tidak akan memberatkan penyimpanan Hp.

Bahkan, aplikasi ini juga menjangkau penyimpanan eksternal alias penyimpanan dari kartu memori. Jadi, tidak hanya penyimpanan internal saja yang bisa dikontrol oleh SD Maid. Dengan kerja yang sangat maksimal ini, Hp dan penyimpanannya akan sangat lega.

5. Files Go

Dan ini adalah rekomendasi yang terakhir, namanya adalah Files Go. Aplikasi ini merupakan aplikasi yang dikembangkan secara khusus oleh developer android dan digunakan untuk melindungi Hp dari file kosong yang bisa memenuhi ruang penyimpanan.

Bisa diunduh dari Play Store dan pastinya legal digunakan. Files Go secara otomatis memberhentikan kinerja aplikasi yang sudah ditinggalkan selama beberapa menit.

Fungsinya adalah untuk mengoptimalkan kinerja aplikasi yang digunakan. Selain itu, secara otomatis Files Go akan memberikan laporan mengenai cache penuh sehingga pengguna bisa menghapusnya.

Apabila ditarik secara garis lurus, memang semua aplikasi di atas merupakan aplikasi agar Hp tidak lemot. Hal tersebut dinilai dari kesamaan cara kerja atau konsep dasar yang dimiliki aplikasi.

Semuanya berfungsi untuk mengurangi beban kerja dan sampah Hp. Dengan begitu, Hp akan lebih lega dan tidak lemot saat digunakan.

 

Artikel Terkait