Rekomendasi Terbaik! Aplikasi Mind Map Online Untuk Mengembangkan Ide-ide Kreatif

Last Updated on Agustus 14, 2023 by TeknoFusion

Aplikasi mind map online saat ini memang sangat dibutuhkan untuk membantu mengembangkan ide seseorang. Pengembangan ide sendiri merupakan skill yang sangat penting untuk ditingkatkan dan terus diasah oleh semua orang terutama dalam dunia pendidikan dan dunia kerja.

Dengan mind map pemikiran seseorang biasanya akan lebih kreatif atau out of the box dan terorganisir dengan sangat baik. Nah berikut ini merupakan beberapa rekomendasi aplikasi mind map online terbaik yang bisa dicoba untuk mengembangkan ide-ide kreatif.

1. Aplikasi GitMind

Aplikasi mind map online rekomendasi pertama yang sangat bagus untuk membantu mengembangkan ide yaitu aplikasi GitMind. GitMind sendiri bahkan mampu membantu penggunanya untuk mengembangkan ide secara profesional.

Aplikasi GitMind ini dibekali dengan berbagai fitur menarik seperti berbagai macam template, history mind map, mode outline, bahkan dapat melakukan kolaborasi tim dengan menggunakan aplikasi GitMind ini. Selain itu pengguna juga akan disuguhi dengan fitur keren yaitu fitur project management.

2. Aplikasi LucidChart

Rekomendasi selanjutnya yaitu aplikasi LucidChart. Aplikasi LucidChart dibekali dengan fitur-fitur yang sangat beragam dan keren sehingga tentu saja penggunanya akan dapat membuat mind map yang profesional.

Mulai dari fitur template yang sangat beragam, fitur kolaborasi real-time, fitur agile planning, hingga fitur manajemen tim semuanya ada di aplikasi LucidChart ini. Bagi pengguna yang senang melakukan kolaborasi tim maka aplikasi yang satu ini sangat cocok digunakan.

3. Aplikasi Ayoa

Aplikasi mind map online rekomendasi terbaik selanjutnya yaitu aplikasi Ayoa. Ada banyak kemudahan yang akan didapat oleh para pengguna aplikasi Ayoa. Selain sebagai aplikasi mind map, Ayoa juga bisa digunakan untuk memonitor pekerjaan, hingga berkolaborasi dengan tim.

Fitur-fitur yang ditawarkan juga sangat lengkap. Diantaranya yaitu template yang menarik, radial maps, organic mind maps, hingga speed mind maps. Selain itu Ayoa juga telah mendapat integritas dari Google Contact, Google Drive, dan dari Dropbox.

4. Aplikasi Mindomo

Rekomendasi selanjutnya yaitu aplikasi Mindomo. Aplikasi Mindomo menawarkan banyak fitur menarik kepada para penggunanya. Diantaranya yaitu fitur offline work sync, fitur multiple layout yang menyediakan berbagai desain mind map yang menarik, hingga fitur ekspor mind map.

Selain itu juga terdapat fitur unlimited map dan folder yang mana dengan adanya fitur ini pengguna dapat membuat mind map dalam jumlah yang tak terbatas. Yang lebih keren pengguna juga bisa menambahkan suara dan juga video ke dalam mind map.

5. Aplikasi Mindly

Aplikasi mind map rekomendasi selanjutnya yaitu aplikasi Mindly. Selain sebagai aplikasi pembuat mind map, Mindly juga bisa dimanfaatkan untuk membuat catatan rangkuman pelajaran, hingga model perencanaan pekerjaan dan masih banyak lagi.

Hampir sama seperti aplikasi sebelumnya, Mindly juga menawarkan berbagai desain mind map dengan gaya yang simpel dan profesional. Selain itu pengguna juga bisa memilih skema warna sesuai dengan selera karena ada banyak pilihan warna.

6. Aplikasi SimpleMind

Selanjutnya ada aplikasi SimpleMind. Bagi pengguna yang lebih suka menggunakan perangkat smartphone dalam membuat mind map maka aplikasi SimpleMind ini sangat cocok untuk digunakan. Hal ini dikarenakan SimpleMind ini sangat mudah dioperasikan bahkan menggunakan smartphone.

Untuk fitur yang ditawarkan juga tidak kalah keren dengan aplikasi-aplikasi sebelumnya. Seperti desain-desain menarik, dapat menambahkan audio dan video, dapat melakukan import file pdf hingga dapat melakukan penyimpanan di cloud. Dan yang lebih keren SimpleMind ini mampu menerjemahkan file pdf menjadi mind map.

Nah demikianlah penjelasan mengenai beberapa rekomendasi terbaik dari aplikasi mind map online yang bisa digunakan untuk mengembangkan ide-ide kreatif seseorang. Kemampuan mengembangkan ide merupakan skill yang sangat penting untuk dikuasai setiap orang, dengan begitu maka pemikiran seseorang akan lebih terbuka dan out of the box.