Cara Buat WhatsApp Akun Bisnis Paling Mudah dan Dapatkan Berbagai Manfaatnya!

Last Updated on Agustus 19, 2023 by TeknoFusion

WhatsApp bisnis merupakan aplikasi yang wajib dimiliki oleh para pebisnis untuk menunjang berbagai macam usaha yang dilakukan. Untuk yang masih bingung cara buat WhatsApp akun bisnis, ulasan berikut akan membahas secara lengkap bagaimana langkah pembuatannya.

Namun sebelum masuk pada langkah pembuatan WhatsApp akun bisnis, para pebisnis tentunya harus mengetahui terlebih dahulu apa saja fitur dan manfaat yang akan diperoleh dengan membuat WhatsApp akun bisnis. Oleh karena itu simak terus penjelasan berikut:

Sekilas Tentang WhatsApp Akun Bisnis

Perlu diketahui bahwasanya untuk menunjang kegiatan usaha para pebisnis pemilik WhatsApp mengembangkan aplikasi WhatsApp bisnis secara khusus. Tidak seperti WhatsApp biasa, WhatsApp bisnis ini dikembangkan dan dibekali dengan berbagai fitur khusus yang sangat membantu para pebisnis.

Fitur-fitur yang dimiliki WhatsApp akun bisnis tentu sangat berbeda dengan aplikasi WhatsApp biasa. Berikut ini merupakan beberapa fitur canggih yang dapat menunjang kegiatan bisnis yang dilakukan:

1. Fitur Nama Akun Resmi

Saat menggunakan WhatsApp akun bisnis pengguna dapat menggunakan nama akun bisnis yang resmi dan tidak boleh sembarangan dalam pembuatannya. Contoh nama akun bisnis yang benar yaitu “Butik Niswah”.

2. Fitur Profil Akun Bisnis

Ketika menggunakan akun bisnis maka pengguna akan mendapat kesempatan untuk membuat profil bisnis sehingga pelanggan akan mendapat informasi mengenai bisnis pengguna dengan mudah.  Beberapa informasi yang dimuat dalam profil bisnis diantaranya nama, alamat, hingga tautan website.

3. Fitur Balasan Pesan Otomatis

Para pebisnis tentu sangat terbantu dengan adanya fitur pesan otomatis ke pelanggan. Ada tiga macam fitur pesan otomatis yang dapat digunakan, diantaranya yaitu Away Message, Greeting Message dan juga Quick Replies.

4. Fitur Katalog Produk Yang Dijual

Fitur yang tak kalah penting yaitu fitur katalog produk. Dengan adanya katalog produk dapat memberi informasi kepada pelanggan mengenai detail harga barang yang dijual sehingga pelanggan tidak perlu repot bertanya dan pebisnis tidak repot menjawab.

5. Fitur Label Pesan

Fitur Label pesan juga sangat penting dan membantu pelaku bisnis dalam hal mengelompokkan pesan yang masuk. Sehingga pebisnis dapat membedakan dengan mudah mana chat dari pelanggan baru, hingga chat dari pelanggan yang telah menyelesaikan pesanan.

Dari beberapa fitur tersebut pengguna akan memperoleh banyak manfaat diantaranya:

  • Dapat menjalin komunikasi yang baik dengan lebih mudah kepada para pelanggan.
  • WhatsApp akun bisnis dapat membuat bisnis seseorang terlihat lebih profesional, sehingga pelanggan akan lebih percaya dengan bisnis yang sedang dijalankan.
  • Memudahkan pelaku bisnis dalam mempromosikan produk-produknya.

Cara Buat WhatsApp Akun Bisnis

Setelah mengetahui fitur dan juga manfaat yang akan diperoleh, sekarang saat nya untuk mengetahui bagaimana cara buat WhatsApp akun bisnis dengan mudah. Adapun langkah membuatnya sebagai berikut:

  • Pertama-tama pastikan telah berhasil menginstall aplikasi WhatsApp Bisnis terlebih dahulu.
  • Setelah install aplikasi berhasil, langkah selanjutnya yaitu membuat akun baru dengan menggunakan nomor Hp yang khusus digunakan untuk berbisnis.
  • Setelah selesai mendaftarkan nomor, selanjutnya silahkan masuk ke menu “Setting” yang terdapat dalam aplikasi.
  • Kemudian pilih opsi “Business Setting” lalu klik menu “Profile”.
  • Pada menu profile silahkan isi profil bisnis secara detail dan lengkap.
  • Setelah itu aktifkan juga fitur pesan otomatis dengan menentukan isi pesan yang diinginkan, serta atur waktu pengiriman pesannya.
  • Jika sudah maka klik “Selesai” dan WhatsApp bisnis sudah bisa dinikmati.

Nah demikianlah penjelasan mengenai cara buat WhatsApp akun bisnis dengan sangat mudah. Dengan menggunakan WhatsApp akun bisnis akan ada banyak fitur serta manfaat yang akan diperoleh oleh para pebisnis.