Cara agar Online di Whatsapp tidak terlihat yang harus diketahui

Last Updated on Agustus 19, 2023 by TeknoFusion

Salah satu hal yang sering banyak dicari tahu adalah bagaimana cara agar online di whatsapp tidak terlihat. Mungkin ada sesuatu alasan hingga harus menjalankan fitur ini. Di Indonesia, aplikasi ini sangat banyak diunduh oleh masyarakat.

Memahami 3 Jenis Status Online di Whatsapp

Dengan aplikasi ini dapat mengirim pesan ke klien WhatsApp lain yang nomornya disimpan di ponsel . Whatsapp dapat digunakan untuk mengirim pesan suara, file, dan gambar selain pesan. Sebuah pesan yang dikirim melalui Whatsapp akan memiliki 3 macam petunjuk.

Selain status pesan terkirim, Whatsapp juga memiliki status yang menunjukkan kapan seseorang sedang online atau terakhir kali online. Penjelasannya adalah sebagai berikut.

Tanda centang 1 menunjukkan bahwa pesan telah terkirim dari ponsel cerdas atau perangkat, tetapi orang lain atau pengirim pesan tidak online atau terhubung ke internet, sehingga pesan belum terkirim ke perangkat orang lain.

Tanda centang 2 menunjukkan bahwa pesan telah berhasil terkirim ke perangkat orang yang dituju Ketika membuka kontak yang ingin dikirimi pesan, biasanya dapat melihat statusnya, atau secara default, sebagai berikut:

Dalam jaringan menunjukkan bahwa orang tersebut masuk ke aplikasi Whatsapp pada saat terakhir online, menunjukkan kapan orang tersebut terakhir membuka web atau membuka aplikasi WhatsApp.

Penampakan tanda centang 2 yang berwarna biru pada chat berarti bahwa pesan telah dibaca oleh penerimanya.

Cara Agar Tidak Terlihat Online di Whatsapp

Ada sejumlah alasan mengapa seseorang mungkin ingin status online-nya tidak terlihat di WhatsApp dan berusaha untuk mematikan atau menyembunyikannya. Misalnya, “Last seen 5 minutes ago” menunjukkan bahwa orang tersebut membuka aplikasi Whatsapp lima menit sebelumnya.

Sebenarnya bisa saja mencegah seseorang terlihat online di WhatsApp dengan beberapa cara agar online di whatsapp tidak terlihat ini adalah langkahnya :

1. Hapus Tanda Terima Baca dan Nonaktifkan Status

Hapus tanda terima baca dan menonaktifkan status online/terakhir terlihat. Seperti namanya, menghapus tanda dibaca dan menonaktifkan status online/terakhir terlihat akan mencegah orang lain melihat kapan klien online. Selain itu, terakhir kali klien online dan membuka WhatsApp tidak akan ditampilkan.

Sementara itu, bisa membaca pesan yang dikirimkan secara diam-diam dengan menonaktifkan tanda terima telah dibaca. Saat membaca pesan dari Whatsapp, tanda centang di sebelah pertukaran pesan tidak akan berubah menjadi biru.

Namun, fakta bahwa tidak dapat menentukan apakah seseorang telah membaca pesan atau belum adalah kelemahan lain dari cara ini.

2. Mematikan Last Seen dan Not Be Seen Online di Whatsapp

Berikut ini akan dijelaskan alternatif cara lain yang mudah untuk mematikan status online. Singkat dan aplikatif, bisa langsung dipraktekkan di WhatsApp. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Buka WA lalu klik tanda tiga titik yang ada di layar smartphone.
  • Buka opsi Akun.
  • Pilih Privasi.
  • Lalu buka atau ketuk opsi Terlihat Terakhir.
  • Kemudian memilih agar semua orang, daftar kontak , atau tidak ada yang melihat status online. Jika yang dipilih semua orang, semua orang dapat melihat status online yang dibuat.

Sementara itu, hanya kontak di ponsel cerdas yang dapat melihat kapan terakhir kali masuk menggunakan daftar kontak. Status terakhir terlihat tidak akan dinonaktifkan oleh siapa pun. Di sisi lain, tidak dapat melihat tanggal terakhir dilihat orang lain.

Itulah cara agar online di whatsapp tidak terlihat dengan menonaktifkan tampilan terakhir sehingga tidak ada yang bisa melihat kapan terakhir kali menggunakan WhatsApp atau sedang online. Mudah dan praktis bukan ? Silahkan dicoba.