Enam Cara Membuka File yang Tidak Bisa Dibuka Di WhatsApp

Last Updated on Agustus 19, 2023 by TeknoFusion

Mengetahui cara membuka file yang tidak bisa dibuka di WhatsApp ternyata sangat membantu apalagi jika isinya adalah hal penting atau pekerjaan. Terkadang, penerimaan file dari WhatsApp terjadi kesalahan atau kegagalan unduh sehingga tidak bisa dibuka.

Untuk mengatasi permasalah tersebut, terdapat beberapa cara yang bisa digunakan oleh para pengguna WhatsApp, terutama bagi pekerja online. Ingin tahu apa saja caranya? Yuk, mari disimak ulasan lengkapnya berikut!

1. Mengatur Ulang Koneksi

WhatsApp sebagai aplikasi yang membutuhkan jaringan internet yang stabil tentu akan sangat berpengaruh pengoperasian sistemnya jika jaringan lelet. Pengguna aplikasi ini dapat terkendala dari segi pengiriman dan penerimaan pesan, termasuk membuka file dokumen yang diterima.

Untuk mengatasinya, pengguna bisa melakukan pengaturan ulang koneksi dengan mematikan data sementara atau mengubah jaringan. Bisa juga dengan mengaktifkan mode pesawat yang akan menghilangkan sinyal sementara, kemudian menonaktifkannya hingga sinyal kembali normal.

2. Membersihkan Cache

File yang tidak bisa terbuka dari WhatsApp juga bisa diakibatkan karena jumlah cache serta memori yang terlalu penuh. Agar file dokumen yang diterima bisa terbuka, pengguna dapat melakukan pembersihan cache aplikasi dan menghapus file yang tidak terpakai.

Setelah itu, ruang memori akan tersedia lebih banyak sehingga file yang diterima dari pesan WhatsApp bisa terunduh dan tersimpan. Jika hal tersebut sudah terjadi, maka dokumen yang tadi diunduh sudah akan bisa terbuka.

3. Mengunduh dan Memasang Aplikasi Pembaca File

Selain membersihkan Cache dan mengatur ulang jaringan, cara membuka file yang tidak bisa dibuka di WhatsApp adalah dengan memasang aplikasi pembaca file di HP. Tidak semua perangkat handphone memiliki aplikasi pembaca file bawaan sehingga perlu menambahkannya.

Aplikasi pembaca file ini bisa didapatkan melalui toko Google dan mampu membaca berbagai jenis file, mulai dari Word hingga PDF. Jika sudah berhasil memasangnya, pemilik akun WhatsApp bisa mencoba kembali untuk membuka file yang dikirimkan.

4. Melakukan Update Aplikasi WhatsApp

Cara Selanjutnya adalah dengan melakukan update pada aplikasi WhatsApp. Versi aplikasi yang sudah usang akan mengganggu kemampuan aplikasi dalam melakukan fungsinya, termasuk dalam membuka file yang diterima.

Selain dapat mengakibatkan file yang tidak bisa dibuka, WhatsApp yang tidak update dapat membuat sistemnya menjadi error. Untuk melakukan pembaruan versi aplikasi, pemilik WhatsApp bisa melakukannya melalui toko Google dan tekan tombol Update.

5. Restart Perangkat Handphone

Jika seluruh cara sebelumnya tidak bekerja, pemilik WhatsApp bisa mencoba untuk melakukan restart perangkat Handphone yang digunakan. Melakukan restart akan membuat sistem yang sedang berjalan akan berhenti dan akan berjalan dari awal.

Ketidakmampuan aplikasi atau sistem operasi Handphone untuk membuka file dari WhatsApp bisa diakibatkan adanya sistem yang error. Dengan mengulang sistem operasi handphone, error tersebut bisa teratasi dengan mudah.

6. Menghapus WhatsApp atau Mengembalikan ke Setelan Pabrik

Cara yang terakhir adalah dengan menghapus WhatsApp dan memasangnya kembali atau mengembalikan pengaturan ke setelan pabrik. Hal ini bisa dilakukan apabila cara-cara lainnya sama sekali tidak bekerja.

Error pada sistem terkadang tidak terdeteksi sehingga masalah tidak mudah diselesaikan. Namun, sebelum melakukan cara ini, pastikan seluruh data dan percakapan WhatsApp sudah dicadangkan terlebih dahulu ke email agar saat diunduh kembali data dan file tetap aman.

Itulah 6 cara membuka file yang tidak bisa dibuka di WhatsApp dengan aman dan mudah. Permasalahan tersebut seringkali terjadi akibat jaringan yang tidak stabil hingga penyimpanan yang penuh. Untuk itu, pastikan kedua hal tersebut berjalan dengan baik.