Cara Blokir Email Spam di Gmail

Last Updated on Agustus 15, 2023 by TeknoFusion

Pernahkah kamu merasa terganggu dengan email-email yang tidak Anda inginkan? Email-email yang berisi promosi atau pesan yang tidak diinginkan dapat mengganggu pekerjaan dan membuat kotak pesan kita penuh dan mengganggu. Gmail sebagai salah satu layanan email yang populer dapat membantu kita menangani masalah ini. Cara blokir email spam di Gmail adalah cara yang efektif untuk memastikan bahwa email-email yang tidak diinginkan tidak masuk ke kotak pesan kita.

Dengan menggunakan Gmail, kita dapat dengan mudah memblokir alamat pengirim email spam (atau dikenal sebagai spammer) yang masuk ke kotak masuk Anda. Ini merupakan cara yang efektif terbukti dapat mencegah bahwa email-email yang tidak diinginkan tidak masuk ke kotak pesan kita. Dengan memblokir alamat email spam, kita dapat menghindari terganggunya pekerjaan kita dan tidak perlu lagi khawatir tentang isi dari email yang masuk ke kotak pesan kita. Memblokir email spam di Gmail dapat dengan mencocokkan alamat email dengan data spammer, mendeteksi subjek tertentu, atau mendeteksi kata-kata tertentu di isi pesan. Dengan demikian, dapat dipastikan bahwa email-email yang tidak diinginkan tidak masuk ke kotak pesan kita.

Cara Blokir Email Spam dengan “Seret dan Lepas” ke Folder Spam

Cara paling mudah dan paling cepat adalah dengan memindahkan email spam secara langsung. Jika kita menerima email spam, maka cara tercepat adalah pilih email spam tersebut, seret dan lepas ke atas Folder Spam. Algoritma Gmail akan belajar dengan mencocokkan alamat email spammer tersebut dengan database. Kedepannya, alamat email spammer tersebut akan otomatis terdeteksi dan emailnya akan dipindahkan ke folder spam. Lihat gambar dibawah:

Cara tercepat adalah dengan memindahkan email spam dengan cara seret dan lepas ke Folder Spam di Gmail

Cara Blokir Email Spam di Gmail Melalui Laptop/PC

Setelah mengetahui bagaimana cara untuk mencegah masuknya email spam di Gmail, mari kita lihat bagaimana cara untuk memblokirnya. Blokir email spam dari laptop atau komputer adalah cara yang efektif untuk mencegah agar email yang tidak diinginkan tidak masuk ke kotak pesan. Prosesnya cukup sederhana.

Pertama, kita buka browser dan masuk ke akun Gmail. Kemudian, kita harus memilih email dan pengirim yang ingin kita blokir di kotak pesan. Setelah itu, kita dapat mengklik ikon titik tiga vertikal di pojok kanan atas email. Pada menu, kita harus memilih “Blokir” pada nama pengirim email. Setelah itu, email spam akan dipindahkan secara otomatis ke folder spam.

Dengan menggunakan cara ini, kita dapat memastikan bahwa email-email yang tidak diinginkan tidak akan mengganggu privasi kita lagi. Kita juga dapat menghapus email-email yang sudah masuk ke folder spam dengan mudah. Blokir email spam di Gmail melalui laptop atau komputer tidak hanya menawarkan keamanan dan privasi lebih terjaga, tetapi juga akan menghemat waktu kita yang berharga.

Cara Blokir Email Spam Menggunakan Filter Spam

Menggunakan filter spam, pengguna Gmail dapat memblokir alamat email yang tidak diinginkan. Langkah-langkahnya adalah dengan mengikuti panduan berikut.

Pertama, buka akun Gmail. Kemudian, cari ikon roda gigi di sudut kanan dan klik tombol “Pengaturan” (Settings). Setelah itu, pilih “Lihat Semua pengaturan” (See all settings). Di halaman ini, kita harus memilih opsi “Filter dan alamat yang diblokir” (Filters and blocked Addresses). Selanjutnya pilih “Buat filter baru”. Di bagian ini, kita dapat mengisi kotak informasi “Dari” dengan alamat email pengirim email spam atau email promosi yang tidak diinginkan. Setelah itu, pilih “Buat filter” dan kita akan melihat sejumlah pilihan. Pilihlah “Jangan pernah mengirim ke spam” untuk memastikan bahwa filter berfungsi untuk semua email yang masuk ke kotak pesan.

Cara Blokir Email Spam Melalui Laporkan Spam

Selain memblokir email spam melalui penggunaan filter spam, kita juga bisa memblokir email spam melalui fitur Laporkan Spam. Fitur ini memungkinkan kita untuk menandai email yang kita anggap sebagai spam dan menempatkanya di folder spam. Dengan begitu, kita tidak perlu khawatir email yang tidak diinginkan akan lolos masuk ke kotak pesan kita.

Cara Laporkan Email Spam di Gmail

Untuk menggunakan fitur Laporkan Spam ini, kita dapat melakukannya dengan melalui Gmail, baik di browser komputer maupun di aplikasi smartphone. Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah memilih email spam yang ada di kotak pesan kita. Pastikan untuk tidak memilih email yang penting dan bukan spam, karena jika salah memilih, maka pengirim yang bukan spam pun akan terblokir. Setelah itu, kita dapat mengklik ikon tanda seru “!” yang ada di bagian atas layar. Kita akan mendapatkan menu dengan beberapa pilihan, salah satunya adalah “Laporkan spam dan berhenti berlangganan”. Jika sudah yakin bahwa semua email yang dipilih merupakan email spam, kita dapat memilih opsi tersebut. Setelah kita klik opsi tersebut, email spam akan dipindahkan ke folder spam dan kita tidak akan menerima email spam lagi.

Dengan fitur ini, kita dapat dengan mudah memblokir semua email spam yang masuk ke kotak pesan kita. Jadi, jika kita menemukan email yang tidak diinginkan, kita dapat menggunakan fitur Laporkan Spam untuk dengan mudah memblokir email tersebut.

Penutup

Dengan berbagai cara yang tersedia untuk memblokir email spam di Gmail, kita dapat memastikan bahwa tidak ada yang dapat mengganggu privasi Anda secara online. Penggunaan filter spam bisa sangat membantu dalam mengendalikan email spam yang masuk setiap hari. Selain itu, kita juga dapat menggunakan opsi Laporkan sebagai Spam jika ada email yang tidak kita inginkan. Ini akan memastikan bahwa email yang tidak diinginkan tidak lagi mengganggu kita . Dengan cara ini, kita dapat menjaga privasi Anda dan menjaga agar akun Gmail kita tetap aman dan terlindungi.