Pop Up Iklan di Android: Penyebab dan Cara Menghilangkannya

Pop up iklan yang muncul ketika sedang menggunakan gadget sangatlah mengganggu. Salah satunya adalah iklan yang muncul pada Android. Terdapat berbagai cara menghilangkan pop up iklan di Android dan layak dicoba. Metode tersebut sebaiknya disesuaikan juga dengan penyebab munculnya iklan.

Penyebab Munculnya Iklan di Android

Sebelum masuk ke cara-cara menghilangkan iklan, pengguna perlu mengetahui dulu apa penyebab iklan tersebut bisa muncul. Dengan mengetahui penyebabnya maka pengguna bisa mencegah iklan muncul. Untuk mengetahui penyebab munculnya iklan di Android simak penjelasan berikut ini:

1. Menekan Notifikasi Palsu Yang Muncul

Ketika sedang menggunakan gadget terutama aplikasi browser terkadang ada notifikasi aneh yang masuk. Notifikasi yang sering muncul adalah pemberitahuan masuknya virus atau pengumuman hadiah. Notifikasi seperti ini kebanyakan adalah palsu dan bisa menjadi media atau jalan masuk adware. 

Nah, jika sampai adware berhasil masuk ke Android maka akan mulai muncul pop up iklan yang sangat mengganggu. Oleh karena itu ketika menerima notifikasi tidak jelas sebaiknya tekan saja tombol Home dan tutup semua aplikasi yang sedang terbuka.

Ketika sedang melakukan browsing atau hendak mendownload sesuatu di internet terkadang pengguna bingung untuk menekan tombol download. Dari sekian banyak tombol download yang tersedia ada beberapa tombol yang akan mengantarkan pengguna ke link yang salah. 

Link yang salah ini tidak akan membawa pengguna ke halaman download, melainkan menampilkan banyak iklan yang sangat mengganggu. Oleh karena itu sebaiknya jangan sampai salah menekan tombol download. Kalaupun salah menekan tombol maka segera keluar dan tutup halaman iklan tersebut.

3. Menginstall Aplikasi Tertentu

Adware juga bisa ikut masuk ketika pengguna menginstall aplikasi tertentu. Jadi sebaiknya hindari menginstall aplikasi yang tidak didownload dari Google Play Store karena sangat beresiko. Walaupun memang beberapa aplikasi di luar Google Play Store terbilang aman namun sebaiknya pengguna berhati-hati.

Cara Menghilangkan Iklan di Android

Dari berbagai penyebab munculnya iklan yang sudah dijelaskan di atas terdapat cara-cara untuk menghindari munculnya iklan. Namun bagaimana jika iklan itu sudah terlanjur muncul dan sulit dihilangkan? Nah untuk mengatasi hal itu berikut ini terdapat 3 cara yang bisa dicoba:

1. Melakukan Pemindaian dengan Aplikasi

Salah satu cara menghilangkan pop up iklan di Android adalah dengan menggunakan Dr Web Security Space. Berdasarkan pengalaman banyak orang aplikasi ini sangat efektif untuk menghilangkan iklan. Versi gratis dari aplikasi ini bisa diinstall di Google Play Store.

2. Mengaktifkan Fitur Google Play Protect

Fitur Play Protect adalah layanan yang disediakan Google untuk melakukan pengamanan pada Android. Cara kerjanya adalah melakukan pemindaian sebelum pengguna menginstall aplikasi. Jika aplikasi itu dianggap berbahaya bagi Android maka Play Protect akan mencegah pengguna menginstallnya.

3. Menghapus Aplikasi Yang Dicurigai Membawa Adware

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, aplikasi tertentu bisa membawa adware yang menyebabkan munculnya iklan tersebut. Jadi cara terbaik untuk menghilangkan iklan itu adalah dengan menghapus aplikasinya. Coba ingat-ingat aplikasi apa yang terakhir kali diinstall dan memiliki kemungkinan membawa virus adware.

Itulah tadi penjelasan tentang penyebab dan cara menghilangkan pop up iklan di Android anti ribet. Notifikasi iklan yang muncul terus menerus ketika sedang menggunakan Android memang sangat mengganggu pengguna. Dengan mengetahui cara menghilangkannya kini pengguna bisa menggunakan Android dengan tenang.