Kegunaan dan Cara Setting Lokasi di Android

Last Updated on September 26, 2022 by Redaktur TeknoFusion

Kegunaan dan cara setting lokasi di Android seringkali menjadi pertanyaan umum banyak kalangan. Ponsel Android pastinya memiliki fitur untuk setting lokasi. Biasanya setting lokasi di Android satu dengan lainnya punya beberapa cara penyetingan yang berbeda, tergantung dengan merk, model dan karakteristik ponsel kita.

Setting lokasi juga punya manfaat tertentu. Simak pembahasan akan bagaimana kegunaan dan cara setting lokasi di Android yang akan dipaparkan pada artikel kali ini.

Apa Sebenarnya Kegunaan Setting Lokasi di Android?

Mengapa kita sebagai pemilik ponsel Android diutamakan untuk mensetting lokasi tempat kita berada pada pengaturan ponsel kita? Alasan pasti dari setting lokasi Android ini ada pada fungsi lacak lokasi dimana kita berada. Dengan pengaturan itu beberapa aplikasi tertentu yang membutuhkan fitur lokasi kita berada akan mengirimkan notifikasi.

Lacak lokasi ini dibutuhkan biasanya pada beberapa aplikasi ojek online, aplikasi e-commerce, aplikasi mencari teman. Yang dimana lacak lokasi memudahkan mengoreksi dimana keberadaan kita sekarang dengan banyak target yang membutuhkan informasi lokasi. Guna mempermudah kerja melacak dimana kita berada sebagai salah satu pengguna jasa di aplikasi tertentu.

Katakan saja app e-commerce dimana dengan kita sudah setting lokasi rumah kita misalkan, maka sistem kerja mereka untuk mempermudah informasi alamat rumah kita akan lebih mudah didapat. Dan ini digunakan agar mereka bisa dengan pasti mengirim barang orderan kita menuju ke rumah kita masing-masing.

Cara Penyetingan Lokasi di Android Pada Umumnya

Ketika kita sudah mengetahui apa saja kegunaan dari setting lokasi di Android, selengkapnya akan dipaparkan langkah-langkah untuk mensetting lokasi di Android. Ada dua macam Langkah untuk bisa mensetting lokasi android. Pada umumnya akan dijelaskan di bawah ini:

1.  Melalui Gmail

Cara untuk menyeting lokasi di Android yang pertama adalah dengan memanfaatkan Gmail. Langkahnya tentu sangat mudah. Berikut penjelasannya:

  • Membuka akun Gmail. Karena setting lokasi punya manfaat untuk saling memberikan informasi keberadaan pengguna pada aplikasi di ponsel, Gmail juga adalah salah satu cara untuk share location.
  • Mencari tanda tiga strip horizontal di pojok kiri. Ini adalah tahap selanjutnya untuk mencari menu settings.
  • Tap setting dan pilih akun Gmail yang aktif. Cari menu setting dua paling bawah dan tentukan mana alamat Gmail yang biasa digunakan untuk aplikasi kebutuhan Lacak lokasi.
  • Memilih pilihan “manage your google account”. Dengan memilih “manage your google account”  pengguna akan menemukan konfigurasi utama dalam menyetting banyak hal khususnya setting lokasi.
  • Memilih “people and sharing”. Salah satu menu yang digunakan untuk setting lokasi adalah “people and sharing”. Di sana jangan lupa scroll untuk menemukan kotak aktif bernama “location sharing”.
  • Tap tanda garis biru bertuliskan “google maps”. Jika pengguna belum mensetting lokasi, maka pengguna akan diharuskan untuk mengetap tulisan “google maps”. Di sana ada beberapa cara untuk share location dengan sesama akun google lain atau yang tidak punya akun google.

2. Melalui Menu Setting

Berikutnya ada cara yang lebih simpel lagi yaitu melalui menu Setting. Langkahnya tentu tidak kalah mudahnya. Berikut urutan langkah-langkahnya:

  • Memilih menu setting. Buka Setting pada ponsel android pengguna masing-masing.
  • Memilih device and privacy. Setelah itu memilih device dan privacy untuk menemukan menu location. Setelah itu tap location dengan symbol next dan ada tulisan off/on.
  • Menggeser tombol on otomatis. Ini ada pada menu location. Geser tombol hingga benar berwarna hijau, dan muncul menu lain salah satunya berupa location mode.
  • Menyeting location mode. Ada tiga pilihan yaitu high accuracy, low power consumption dan device only. Pilih sesuka hati pengguna. Tapi pilih high accuracy untuk settingan dengan GPS, WiFi, Bluetooth dan mobile network determine location.

Sekian pembahasan kali ini mengenai bagaimana cara setting lokasi di android. Ada beberapa langkah kompleks dengan menggunakan Gmail. Adapun cara yang lebih sederhana dengan setting langsung pada menu setting ponsel. Kedua cara ini sama-sama membantu dan bisa diterapkan.