Inilah 5 Cara Menghilangkan Goresan Di Layar HP, Dijamin Ampuh!

Last Updated on November 14, 2022 by Redaktur TeknoFusion

Handphone atau yang akrab disebut dengan HP merupakan barang yang digunakan hampir setiap waktu. Jadi wajar saja jika benda tersebut mengalami gesekan, goresan, atau bahkan terjatuh. Hal tersebut pasti akan meninggalkan goresan. Namun tak perlu khawatir, ada beberapa cara menghilangkan goresan di layar HP.

Sebenarnya hal-hal tersebut dapat diatasi dengan memasang anti gores pada layar handphone. Namun jika sudah terlanjur tergores, ada cara ampuh dan mudah untuk menghilangkan goresan tersebut. Yaitu dengan menggunakan bahan sederhana yang ada di sekitar. Simaklah bahasan berikut untuk mengetahui caranya.

1. Menggunakan Pasta Gigi

Cara menghilangkan goresan di layar HP ini dianggap mudah. Bahan yang digunakan tidak sulit didapat dan Juga cara pengaplikasiannya cukup simple. Yaitu dengan menggunakan pasta gigi. Benda ini pastilah ada di setiap rumah.

Cara penggunaannya dengan mengoleskan sedikit pasta gigi biasa, jangan pilih yang berbahan gel. Gunakanlah kain bersih dengan bahan yang lembut, seperti kapas ataupun kain berserat halus. Selanjutnya gosok perlahan dengan gerakan memutar. Lakukanlah di bagian lecet pada layar sampai goresan dirasa hilang.

2. Memakai Bubuk Soda Kue

Selain untuk membuat aneka roti, soda kue juga dapat digunakan untuk menghilangkan goresan pada handphone dengan praktis. Adapun cara menggunakannya yaitu, campurkan bubuk dengan air bersih secukupnya ke dalam sebuah wadah.

Lalu aduklah hingga adonan menjadi kental. Kemudian oleskan pasta tersebut pada kain bersih dan halus. Gosoklah goresan pada layar HP secara perlahan dengan gerakan mengikuti arah jarum jam. Setelah itu, bersihkan sisa pasta dengan kain lembab untuk menghilangkan bekas soda kue yang masih menempel pada layar.

3. Memanfaatkan Penghapus

Penghapus yang dimaksud dapat menghilangkan goresan merupakan penghapus dengan bahan karet. Biasanya benda ini dipakai untuk menghapus goresan tinta atau pulpen pada kertas. Cara pengaplikasiannya yaitu dengan menggosokkan penghapus di goresan pada layar HP.

Lakukanlah secara perlahan agar hasilnya bisa maksimal. Namun cara ini hanya dapat menghilangkan goresan yang masih tipis ataupun dangkal. Jika baret pada layar cukup dalam, lebih baik segera periksa keadaan layar ponsel pada ahlinya, agar tidak menimbulkan kerusakan yang serius.

4. Menggunakan Minyak

Minyak yang dapat dipakai untuk menghilangkan goresan yaitu seperti minyak goreng, zaitun, kayu putih, ataupun telon. Cara penggunaannya, teteskan minyak sebanyak satu tetes kecil pada kapas ataupun kain halus yang bersih. Kemudian gosokkan pada goresan dengan perlahan.

Lakukanlah hingga goresan telah menghilang. Jika sudah terlihat mulus kembali, seka sisa minyak menggunakan kain bersih lainnya. Berhati-hatilah supaya tidak menggunakan banyak minyak, karena dapat meresap ke bagian dalam ponsel dan akan menimbulkan kerusakan.

5. Menutupi Goresan Dengan Anti Gores

Jika pengguna merasa cara-cara diatas kurang efektif dan tidak ingin mengambil risiko besar dengan hal coba-coba, lebih baik langsung memasang anti gores begitu baru membeli HP. Namun Jika sudah terlanjur tergores tipis, tak apa jika menimpanya dengan pelindung layar tersebut.

Goresan kecil akan seperti hilang sebab tertutup oleh pelindung. Namun jika baret telah banyak dan dalam, cara ini tidak disarankan sama sekali. Hal ini juga bisa digunakan bila pengguna ingin menjaga layar handphone supaya tidak terjadi kerusakan pada layar. Disarankan pula untuk memilih pelindung layar yang kokoh.


Itulah tadi 5 cara menghilangkan goresan di layar HP. Setelah menyimak ulasan di atas, pengguna tidak perlu merasa panik lagi jika layar handphone terkena goresan. Akan tetapi ada baiknya pakailah ponsel seperlunya saja, agar tidak mengalami risiko kerusakan. Baik itu pada handphone, ataupun pada anggota tubuh penggunanya.