Cara Cek Saldo e-Toll di HP Tanpa NFC, Ikuti Langkah Ini

Last Updated on November 25, 2022 by Redaksi TeknoFusion

Pengguna jalan tol saat ini harus membayar menggunakan kartu e-Toll. Untuk mengecek saldonya, dapat memanfaatkan fitur NFC pada HP. Namun, bagi pemilik HP yang tidak memiliki fitur ini, pasti bingung bagaimana cara cek saldo e-Toll di HP tanpa NFC.

Bagi pemilik kartu tol elektronik dari Bank Mandiri juga sekaligus nasabah Bank Mandiri, maka tidak perlu khawatir. Selain menggunakan fitur NFC, pengguna bisa mengecek saldo kartunya via perbankan internet (internet banking) yang bisa diakses langsung di browser HP. Berikut ini urutan langkah caranya:

1. Lakukan Login

Langkah pertama untuk cara cek saldo e-Toll di HP tanpa NFC yaitu melakukan login ke perbankan internet Bank Mandiri. Cukup buka situs perbankan internet Livin Mandiri pada browser HP, kemudian masukkan username juga password agar dapat melakukan tahap selanjutnya.

Perlu diketahui, untuk dapat menikmati fasilitas perbankan internet dari Livin Bank Mandiri, pastikan nasabah sudah melakukan registrasi terlebih dahulu agar dapat login ke situs dengan lancar. Jika belum, maka nasabah dapat pergi ke cabang terdekat untuk melakukan registrasi fitur ini.

2. Pilih Menu

Langkah kedua adalah dengan memilih menu pada tampilan, tepat setelah berhasil melakukan login. Saat sudah login ke situs, secara otomatis sistem akan menampilkan menu utama yang terdiri dari beberapa menu yang bisa dipilih.

Untuk mengecek saldo kartu e-Toll, nasabah bisa pilih menu “uang elektronik” dari tampilan menu utama. Setelah itu akan diarahkan ke tampilan berikutnya, langkah selanjutnya sangat mudah, cukup pilih menu “Mandiri E-Money”.

3. Pilih Informasi Saldo

Setelah memilih menu “Mandiri E-Money”, nasabah akan ditampilkan dengan beberapa menu baru yang juga bisa dipilih sesuai kebutuhan nasabah. Langkah ketiga untuk cara cek saldo e-Toll di HP tanpa NFC yaitu memilih menu “informasi saldo”.

Sebenarnya, mengecek saldo E-Money langsung di perbankan internet memiliki keuntungan tersendiri. Pasalnya, nasabah tak hanya melihat jumlah sisa saldo saja, melainkan juga bisa melihat secara rinci dari penggunaan kartu tersebut.

4. Masukkan Nomor Kartu

Langkah selanjutnya adalah dengan memasukkan nomor kartu di kolom yang sudah disediakan oleh sistem. Nomor kartu tertera tepat di bagian depan kartu dan berjumlah sebanyak 16 digit. Wajib masukkan semua dan jangan sampai keliru.

Jika salah memasukkan nomor kartu, maka nasabah harus mengulanginya kembali hingga memasukkan nomornya dengan benar. Bahkan mungkin nasabah disuruh login kembali oleh sistem. Jadi, kalau bisa hal ini dihindari, apalagi jika sedang mengantri membayar tol, agar tidak memakan waktu lama.

5. Klik Kirim

Langkah yang terakhir yaitu hanya cukup klik “kirim”, kemudian selesai. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, sistem tak hanya menampilkan sisa saldo kartu saja, namun detail rinci berupa daftar transaksi yang pernah dilakukan, lengkap dengan tanggalnya. Sehingga cara ini cukup direkomendasikan.

Selain itu, ini merupakan penutup dari serangkaian langkah di atas yang cukup mudah dilakukan dan praktis. Meski memang terbatas, hanya pemilik kartu e-Toll terbitan Bank Mandiri sekaligus nasabahnya yang hanya bisa mengakses, namun cukup bermanfaat untuk bisa mengecek saldo mendadak.


Demikianlah urutan langkah cara cek saldo e-Toll di HP tanpa NFC, diharapkan dapat bermanfaat bagi pengguna yang tidak memiliki fitur NFC pada ponselnya namun memiliki kartu e-toll E-Money sekaligus juga nasabah Bank Mandiri sehingga tak perlu bingung dan khawatir lagi kedepannya. 

 

Artikel Terkait