Cara Cek Paketan Internet Smartfren Agar Bisa Pantau Sisa Kuota

Cara cek paketan internet Smartfren penting untuk diketahui, karena memeriksa kuota bisa memantau pemakaiannya. Sehingga, pengguna tidak perlu khawatir akan kehabisan karena sudah terbiasa memeriksa sisa kuota yang dimilikinya. Smartfren sendiri termasuk provider dengan jumlah pengguna yang banyak.

Provider ini dikenal akan paket internetnya yang beragam dan memiliki harga terjangkau. Meski sempat error karena hilang sinyal, Smartfren tetap banyak digemari dan sudah kembali stabil. Cara untuk memeriksa paket internetnya pun cukup beragam, di antaranya seperti berikut:

1. Menggunakan Kode Dial

Cara yang pertama untuk memeriksa paket Smartfren adalah menggunakan kode dial yang ada di smartphone. Hal ini sama untuk pengguna iPhone maupun Android. Berikut langkah-langkah mudahnya:

  • Masuk menuju menu panggilan di perangkat.
  • Ketikkan kode *9995# kemudian lakukan panggilan seperti biasa. Tunggu prosesnya untuk beberapa saat.
  • Selanjutnya, pengguna sudah bisa memeriksa informasi seputar nama paket, berapa kuota yang tersisa, hingga masa dari paket yang digunakan.

2. Mengirimkan SMS

Jika tidak ingin menggunakan aplikasi tambahan, cara cek paketan internet Smartfren juga bisa dilakukan melalui SMS. Semua orang memiliki menu SMS di perangkatnya, sehingga tidak perlu bingung untuk mengaksesnya. Adapun langkah memeriksa paket Smartfren bisa dilakukan seperti ini:

  • Akses menu pesan di hp. Tidak perlu khawatir jika sedang tidak memiliki pulsa, karena cara untuk memeriksa paket Smartfren tidak dikenai biaya kirim alias gratis.
  • Buat pesan baru, kemudian ketik CEK lalu kirimkan pesannya ke nomor 995.
  • Tunggu hingga muncul SMS balasan yang dikirimkan oleh Smartfren.
  • Nantinya pengguna bisa membaca informasi tentang nomor Smartfrennya. Termasuk detail paket apa yang digunakan, sisa kuota, serta berapa lama masa berlakunya.

3. Mengunduh Aplikasi MySmartfren

MySmartfren (mySF) merupakan aplikasi besutan PT Smartfren yang dibuat untuk memudahkan pengguna mengakses beragam layanan. Dari satu aplikasi saja, pengguna bisa melakukan banyak hal seperti memeriksa jenis paket, melakukan pembayaran, top up, dan masih banyak lainnya.

MySmartfren bisa diunduh melalui toko aplikasi, baik Android ataupun iPhone. Tampilan antarmukanya sederhana dan mudah untuk dioperasikan. Apps ini hanya berukuran 18 MB, tidak memakan banyak memori dan bekerjasama dengan bank konvensional maupun digital. Berikut cara memeriksa paket internetnya:

  • Unduh MySmartfren, bisa dari App Store serta Play Store.
  • Pada halaman utama aplikasi, lakukan login dengan akun MySmartfren. Bisa melalui email, atau menggunakan nomor Smartfren langsung.
  • Lanjutkan dengan memilih “Paket saya”.
  • Baca informasi lengkap seputar sisa kuota, telepon, SMS, hingga sampai kapan masa aktifnya. Jika kuota habis, MySmartfren juga menyediakan fitur untuk membeli paket. Jadi, sangat praktis hanya dengan beberapa klik.

4. Mengunjungi Website

Cara cek paketan internet Smartfren berikutnya adalah memeriksa dari website resmi Smartfren. Opsi ini banyak digunakan oleh pengguna yang ponselnya mati sehingga tidak bisa memeriksa kuotanya. Berikut adalah langkah mudah untuk melakukannya:

  • Masuk ke website resmi MySmartfren melalui browser di laptop atau PC.
  • Login menggunakan userID, bisa juga menggunakan email yang sudah pernah terdaftar sebelumnya.
  • Ketuk opsi “Detail” agar bisa mengetahui berapa sisa kuota dari paket Smartfren yang digunakan.

5. Menelepon ke Customer Service Smartfren

Terakhir, bagi yang tidak ingin menunggu lama dan ingin mengetahuinya langsung bisa menghubungi layanan CS Smartfren. Dengan cara ini, pengguna akan terhubung menuju layanan suara.

  • Buka menu panggilan, kemudian ketikkan nomor 995.
  • Tunggu sesaat sampai panggilannya tersambung.
  • Jika sudah tersambung, sampaikan apa informasi yang dibutuhkan ke CS.

Demikian informasi tentang cara cek paketan internet Smartfren yang tidak sulit untuk dilakukan. Dengan mengetahui sisa paket, pengguna bisa mengantisipasi agar tidak kehabisan. Sebab, kebutuhan akan internet sudah menjadi makanan sehari-hari masyarakat modern. Apalagi yang profesinya banyak mengandalkan internet.

Artikel Terkait