4 Tips Agar Smartphone Android Lemot Menjadi Cepat Saat Digunakan

Tips Cara Mengatasi Smartphone Android Lemot. Bagi para pengguna Smartphone berbasis Android tentu sudah sering kali mengalami yang namanya lag (lambat) atau lemot dalam memproses data, meskipun ponsel kamu adalah pabrikan dari vendor ternama sekalipun memang tidak menutup kemungkinan jika ponsel tersebut akan lancar sepanjang masa, suka atau tidak seiring waktu pasti smartphone kamu akan mengalami gagal system yang membuat smartphone tersebut lambat dalam memproses data.

 

Secara umum ada banyak penyebab mengapa Smartphone Android kamu lambat, selain karena memory internal penuh, juga umumnya yang menyebabkan ponsel Smartphone kamu lambat ialah dikarenakan terlalu banyak menginstall aplikasi atau dikarenakan smartphone kamu mengalami kerusakan pada hardware atau softwarenya, nah untuk mengatasi hal tersebut berikut saya berikan beberapa tips untuk mengatasi smartphone kamu yang lemot, jika kamu penasaran silahkan simak tips-tips dari tim TeknoFusion di bawah ini.

Tips Mengatasi Smartphone Android Lemot

 1. Uninstal Aplikasi yang Tidak Perlu

Tahukah kamu bahwa jika kamu terlalu banyak menginstall aplikasi yang tidak penting maka besar kemungkinan kapasitas RAM pada smartphone kamu akan cepat penuh, terlebih lagi jika kamu menginstall aplikasi dengan grafis besar, maka pemakaian RAM pun akan semakin besar, nah saat kapasitas RAM sudah penuh,dampaknya performa smartphone android akan semakin lemot.

Adapun cara mengatasi hal ini ialah dengan meng-uninstall aplikasi yang tidak perlu atau jika memungkinkan, pindahkan aplikasi tersebut ke memori internal ke memori eksternal yang ada di smartphone. Sehingga ruang RAM di smartphone kamu  masih memiliki kapasitas untuk memproses data.

2. Perbaharui OS Secara Berkala

Tips selanjutnya guna mengatasi Cara Mengatasi Smartphone Android Yang Lemot ialah dengan memperbaharui operasi sistem pada ponsel kamu secara berkala, mungkin tidak banyak pengguna Android yang tahu jika operasi sistem pada smartphone jarang diperbaharui maka besar kemungkinan terdapat banyak sekali bugs yang dapat memperlambat kinerja ponsel kamu, adapun Manfaat dari perbarui OS smartphone secara berkala yaitu untuk memperbaiki bugs serta mengoptimalkan hardware android menjadi lebih baik dan lancar saat digunakan.

3. Tutup Aplikasi yang Tidak Dipakai

Over load Running application atau terlalu banyak aplikasi yang berjalan umumnya juga merupakan salah satu penyebab mengapa Android kamu jadi lambat, hal ini dikarenakan pada saat terlalu banyak aplikasi yang berjalan maka kinerja RAM akan semakin terkuras juga dapat menguras kapasitas baterai, adapun Cara Mengatasi Smartphone Android Lemot hal ini ialah dengan cepat menutup aplikasi yang tidak penting atau kurang terpakai

4. Sebaiknya Hindari Penggunaan Live Wallpaper

Kesalahan klasik yang dapat membuat kinerja Smartphone android kamu jadi lemot ialah dikarenakan terlalu banyak memasang live wallpaper atau animasi bergerak, Memang tidak dapat dipungkiri jika live wallpaper akan memperindah tampilan Smartphone kamu.  Namun tentu kamu harus tahu jika wallpaper tersebut akan memakan dan menguras baterai yang sangat besar. Sehingga kineja smartphone Android kamu akan menjadi lambat dan sangat lemot saat digunakan


Nah agar kinerja smartphone tidak over loading terlalu lama ketika akan membuka aplikasi yang akan kamu gunakan, maka sebaiknya kamu tidak memakai live wallpaper atau wallpaper bergerak. Pakailah wallpaper yang sederhana atau tidak bergerak saja sebab wallpaper yang sederhana dapat membantu mempe-ringan kinerja ponsel Android kamu.

Semoga penjelasan kami mengenai cara agar Smartphone Android lemot bisa lebih cepat saat digunakan, semoga dengan penjelasan diatas berguna bagi pembaca sekalian, semoga bermanfaat.

By evansjf

Artikel Terkait

  • Cara Cek Kuota Internet Kartu XL

  • Cek Nomor Kartu Telkomsel, XL, Indosat dan Smartfren

  • Kartu Prabayar Telkomsel: Membeli Masa Aktif, Agar Tetap Eksis

  • Cara Mendapat Kuota Gratis XL Dengan Trik Mudah

  • Cara Mendapat Kuota Gratis 3, Update 2022