Cara Kirim Uang Lewat AlfaMart, Simak Tutorialnya Disini!

Last Updated on Oktober 23, 2022 by TeknoFusion

Ternyata Alfamart tidak hanya bisa digunakan untuk membeli kebutuhan sehari-hari saja sebagai minimarket. Namun, konsumen bisa memanfaatkannya untuk kirim uang. Untuk cara kirim uang lewat Alfa akan dijelaskan lengkap dalam uraian ini.

Sehingga untuk yang tidak sempat ke ATM, masih bisa mengirimkan uang melalui Alfamart terdekat. Jadi, ini sangat menguntungkan para konsumennya. Sebab, Alfamart sendiri memiliki banyak gerai yang sudah tersebar di banyak daerah berikut ulasan lengkapnya:

Syarat Kirim Uang di Alfamart

Sebelum pembaca membahas lebih detail mengenai cara kirim uang lewat Alfa, syarat apa saja. Walaupun memang bisa tanpa memiliki rekening, tetapi pengguna tetap dikenakan syarat khusus.

Adapun syarat yang pertama adalah menyiapkan identitas pribadi. Syaratnya pengguna bisa memakai KTP, SIM atau yang lainnya. Selanjutnya menyiapkan juga nomor HP yang aktif. Dan yang terpenting juga uang tunai sejumlah dengan nominal yang hendak di transfer tersebut.

Selain itu, pastikan juga pengguna bisa menyebutkan nomor HP penerima uang atau nomor rekeningnya. Untuk biaya administrasi biasanya pengguna dikenakan mulai dari 15 ribu. Maka saat semua persyaratan telah lengkap dan sesuai bisa langsung melakukan transfer dibantu dengan pegawai Alfa.

Cara Kirim Uang Lewat Alfa

Selanjutnya saat data diri dan persyaratan sudah lengkap maka pengguna bisa mulai melakukan pengiriman uang. Adapun caranya sebagai berikut:

  • Pergi ke gerai Alfamart terdekat kemudian langsung menuju bagian kasir yang ada di samping depan.
  • Selanjutnya petugas akan menawarkan bantuan, maka sampaikan jika akan mengirimkan sejumlah uang ke petugas kasir tersebut.
  • Maka petugas akan meminta kartu identitas, maka dari itu pastikan sebelum pergi di cek terlebih dahulu dan dipastikan KTP ikut terbawa di dompet atau tas. Jangan sampai ketinggalan di rumah.
  • Selain meminta kartu identitas, umumnya petugas kasir juga meminta nomor HP yang aktif. Sampaikan berapa nomor HP tersebut dengan tepat. Selain itu, juga sampaikan nomor HP orang yang akan di transfer uangnya.
  • Proses transaksi ini berlangsung beberapa menit, pelanggan harap menunggu sejenak hingga petugas menyelesaikan proses transaksinya.
  • Kemudian setelah proses berhasil, petugas kasir akan memberitahu pelanggan. Selain itu, tanda bahwa transaksi berhasil pelanggan akan diberikan SMS otomatis dari DOMPETKU. Isi dari SMS tersebut adalah nomor kode pengiriman uang.
  • Untuk kode itu sendiri bisa dijadikan sebagai bukti sah. Jadi, jika perlu pengirim uang bisa melakukan tangkap layar untuk kemudian dikirim ke penerima uang. Transaksi selesai untuk kali ini.

Cara Klaim Uang Transfer

Selain bisa mengirimkan uang melalui Alfamart, maka penerima juga bisa mengambil uang tersebut melalui alfamart. Adapun cara klaim uang transfer tersebut juga mudah, berikut ulasannya:

  • Ingat dan simpan dengan baik kode yang telah diberikan oleh pengirim. Bisa mencatatnya ulang atau menyimpan di galeri HP.
  • Kemudian sebagai pelanggan Alfamart, bisa langsung menuju gerai Alfamart terdekat. Lalu langsung saja masuk dan dan menuju bagian kasir.
  • Lalu sampaikan jika hendak mengambil uang dari seseorang yang mengirimkan uangnya sebelumnya. Sebagai bukti sah, sebutkan nama pengirimnya dan juga kode pengiriman tadi.
  • Tunggu sejenak agar petugas kasir mengecek kebenaran data tersebut. Jika proses validasi sesuai maka petugas akan memberikan sejumlah uang yang sesuai dengan uang yang dikirimkan.

Demikian itu beberapa cara kirim uang lewat Alfa, tentunya ada banyak cara dalam mengirim uang yang bisa dipraktekkan. Jadi, tidak perlu bingung lagi mencari ATM, mengirim uang hari ini bisa langsung dari gerai Alfamart.