Cara Membuat 2 Akun WhatsApp Dalam 1 HP Android

Ada Ponsel Dengan Fitur Bawaan Bisa Kloning Aplikasi

Last Updated on Agustus 19, 2023 by TeknoFusion

Satu hati dua cinta, itulah ibarat kita punya dua nomor yang berbeda. Tentunya dengan konotasi yang positif ya gaes. Satu nomor cantik untuk pemakaian pribadi, dan satu lagi nomor hoki untuk kepentingan bisnis.

Bagi yang baru merintis usaha, terkadang bingung harus membeli HP satu lagi untuk keperluan bisnis. Namun sekarang sangat mudah mendapatkan HP dengan dua slot kartu untuk tujuan tersebut. Cara termudah adalah menginstal Aplikasi WhatsApp Business.

Namun saat ini, hampir semua HP mendukung mengkloning aplikasi baik itu WhatsApp maupun yang lainnya. Samsung dengan fitur ‘Dual Messenger’, Oppo dan Realme dengan ‘Clone Apps’, Xiaomi dengan ‘Dual Apps’, Huawei dan Honor dengan ‘App Twin’ serta ASUS dengan ‘Twin Apps’. Tentunya fitur ini hadir pada HP tipe-tipe terbaru.

Untuk HP merek lain harus menggunakan aplikasi pendukung yang perlu diinstal untuk melakukan penggandaan Aplikasi WhatsApp. Di tengah tulisan akan dibahas langkah-langkah bagaimana cara menginstal di HP kamu.

Berikut langkah untuk cara pertama menggunakan fitur bawaan dari HP Samsung dengan ‘Dual Messenger’ nya, cekidot ya gaes:

Sebelum melakukan instal WhatsApp kloningan, pastikan dulu HP kamu mendukung ya gaes. Caranya masuk ke Pengaturan, pilih Fitur Lanjutan lalu ketuk Pesan Ganda.

Cara Membuat 2 Akun WhatsApp Dalam 1 HP Android Cara Membuat 2 Akun WhatsApp Dalam 1 HP Android Cara Membuat 2 Akun WhatsApp Dalam 1 HP Android

Aktifkan aplikasi yang ingin dikloning, untuk sekarang fitur ini hanya mendukung beberapa aplikasi media sosial seperti: WhatsApp, Facebook, Messenger, Telegram, dan lain-lain tergantung aplikasi yang kamu install gaes.

Misal saat ini kamu pengen install WhatsApp, aktifkan WhatsApp, maka akan muncul layar baru ketuk instal, ketuk ‘Konfirm’ pada layar Konfirmasi yang muncul, tunggu hingga selesai.

Cara Membuat 2 Akun WhatsApp Dalam 1 HP Android Cara Membuat 2 Akun WhatsApp Dalam 1 HP Android Cara Membuat 2 Akun WhatsApp Dalam 1 HP Android

Bila ingin menggunakan daftar kontak terpisah antara pemakaian pribadi dan bisnis, aktifkan kolom kontak yang ada di bawah daftar aplikasi yang dapat diinstal pada HP kamu. Setelah itu pilih kontak yang ingin kamu gunakan dalam aplikasi WhatsApp yang baru.

Cara Membuat 2 Akun WhatsApp Dalam 1 HP Android Cara Membuat 2 Akun WhatsApp Dalam 1 HP Android

Selesai gaes, maka sekarang aplikasi WhatsApp kloning (yang ditandai dengan rantai orange) kamu siap digunakan dengan tujuan positif ya.

Untuk HP yang belum mendukung ‘Dual Messenger’ ataupun ingin mengkloning aplikasi lain jangan sedih, masih ada jalan untuk menuju Mekkah 😊

Yang pertama tentu siapkan HP kamu ya gaes.

  • Instal aplikasi bernama ‘Parallel Space’
  • Baca ketentuan layanan, kemudian klik Agree and continue untuk menyetujui
  • Klik Continue lalu pilih Allow untuk mengizinkan aplikasi mengakses penyimpanan, telepon dan lokasi
  • Klik Start untuk memulai
  • Pilih aplikasi yang ingin dikloning dengan klik Add to Parallel Space
  • Klik Accept jika Parallel Space meminta izin untuk mengambil data saat aplikasi error
  • Klik Add App jika ingin menambahkan beberapa aplikasi yang sebelumnya tidak muncul di pengaturan awal
  • Buka panel notifikasi dengan menariknya ke bawah jika muncul pemberitahuan dari Parallel Space
  • Klik pemberitahuan tersebut, lalu aktifkan tombol di samping Parallel Space agar aplikasi-aplikasi di dalamnya dapat menampilkan notifikasi

Pada beberapa aplikasi seperti Instagram, kamu nantinya juga perlu memasang dukungan Parallel Space 64 bit support agar dapat berjalan. Aplikasi secara otomatis akan meminta hal tersebut saat kamu berusaha menjalankannya.

Jika diminta, kamu tinggal mengetuk tombol Install. Selanjutnya, pilih toko aplikasi yang ingin digunakan (gunakan aja Google Play Store) lalu pasang dukungan tersebut. Tekan tombol Grant jika Parallel Space 64 bit support meminta akses ke sejumlah hal.

Done gaes, selamat menggunakan.

Bagaimana jika saat ini udah punya HP kedua dan ingin menghapus aplikasi kloningan? Don’t worry gaes, mudah banget koq. Berikut langkah-langkah bagi pengguna ‘Dual Messenger’:

  • Kunjungi halaman Settings
  • Masuk ke bagian Advance Features
  • Buka menu Dual Messenger
  • Ketuk tombol aplikasi yang ingin dinonaktifkan
  • Pilih opsi Uninstall atau Disable sesuai dengan apa yang muncul

Secara otomatis, aplikasi kedua (hasil duplikasi) akan menghilang. Penting untuk diketahui, semua data di dalamnya juga akan turut terhapus kecuali yang sudah tersinkronisasi dengan akun di layanan terkait.

Berikutnya bagi pengguna ‘Parallel Space’ ikuti langkah-langkah berikut:

  • Jalankan aplikasi Pararel Space
  • Klik Continue di bagian kanan atas setelah muncul
  • Di halaman utama Pararel Space, tekan aplikasi yang tidak diinginkan sampai muncul opsi Delete
  • Tarik aplikasi tersebut ke bagian Delete untuk menghapusnya
  • Konfirmasi prosesnya dengan mengetuk tombol Delete

Jika diperlukan, copot juga Pararel Space dan 64 bit support dari HP kamu setelah semua aplikasi berhasil dinonaktifkan. Dengan begitu, kamu bisa menghemat cukup banyak ruang penyimpanan.


Menggandakan aplikasi memang langkah yang perlu kamu tempuh jika ingin membedakan fungsi akun seperti untuk pribadi atau bisnis. Dengan begitu, keduanya tak akan tercampur agar lebih mudah untuk mengelolanya.