Cara Membatasi Kuota Internet Agar Pulsa Tidak Terpotong

Last Updated on Agustus 20, 2023 by TeknoFusion

Sering kali kita terlalu asyik scroll-scroll media sosial, atau hanya sekedar mencari-cari artikel tentang resep-resep masakan, begitu juga nonton tip dan trik di YouTube atau viu dengan drama Koreanya yang menarik sehingga lupa dengan sisa kuota internet kita yang semakin sedikit sehingga hilang kendali memakan sisa pulsa yang ada di dalam kartu SIM.

Yang mana biaya internet tanpa paket ini terbilang cukup mahal, sebelum menyesal segera top up kuota yang lebih besar. Bagi pengguna yang ber-budget mepet, tentunya hal ini sangat memberatkan. Maka dari itu ada cara yang sedikit banyak cukup membantu untuk membatasi kuota internet kamu.

1. Pantau penggunaan internet Anda

Salah satu cara untuk membatasi penggunaan internet dan mencegah pulsa Anda terpotong adalah dengan memantau penggunaan internet Anda secara berkala. Anda dapat melakukan ini dengan memeriksa saldo internet kuota Anda setiap hari atau mengatur peringatan untuk memberi tahu Anda ketika Anda mencapai batas Anda. Banyak operator seluler juga memiliki aplikasi atau situs web resmi tempat Anda dapat melacak penggunaan internet Anda secara real-time, memungkinkan Anda menyesuaikan penggunaan internet sesuai kebutuhan untuk menghindari kehabisan kuota internet dan menghabiskan pulsa Anda untuk membayar kelebihan penggunaan. Dengan memperhatikan penggunaan internet Anda, Anda dapat mengelola kredit Anda secara efektif dan menghindari biaya tak terduga.

2. Tetapkan batas streaming online

Menetapkan batas streaming online dapat menjadi cara yang berguna untuk mengelola kuota internet Anda dan memastikan bahwa Anda tidak melebihi kuota tanpa sadar, yang menyebabkan biaya tak terduga pada pulsa Anda.

Banyak layanan streaming kini memiliki opsi untuk menyesuaikan kualitas video Anda, yang dapat memengaruhi jumlah data yang digunakan. Memilih pengaturan kualitas yang lebih rendah dapat membantu mengurangi penggunaan data Anda dan mencegah Anda melebihi kuota internet Anda.

3. Hindari mengunduh file besar

Salah satu cara paling mudah untuk membatasi kuota internet dan menghindari kehabisan pulsa adalah dengan menghindari download file berukuran besar. Untuk menghindari hal ini, coba batasi unduhan Anda, terutama jika dokumen tersebut tidak penting.

4. Aktifkan opsi pengaturan data di aplikasi Operator

Bagi pengguna XL cukup menggunakan aplikasi myXL cukup masuk ke menu “Profile”, pilih “Kontrol Pulsa” dan aktifkan “Data”, akan muncul pop up dan ketuk “Aktifkan” dan done. Bagaimana dengan pengguna provider lain? Masih banyak jalan koq menuju Roma. Yuk simak langkah-langkah berikut ini:

Untuk ponsel Samsung masuk ke “Pengaturan”, selanjutnya pilih “Koneksi”, pilih “Penggunaan Data”, dan aktifkan “Penghemat Data”, maka akan muncul pop up, ketuk tombol “Aktifkan Sekarang”